by Ervinna Graceful | 06-04-2023 | Renungan Harian | 0 comments

KEBENCIAN YANG MEMBUTAKAN DAN MENYESATKAN

Penulis : Anang Kristanto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

1 YOHANES 2:9-11

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang sesungguhnya terjadi ketika seseorang membenci saudaranya?
  2. Bagaimana hubungan sesama saudara seharusnya di dalam terang?
  3. Apa yang terjadi ketika seseorang berada dalam kegelapan?
  4. Apakah yang membutakan mata seseorang?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Kehidupan di dalam terang sudah seharusnya diwarnai dengan kasih, mengasihi satu sama lain sebagai saudara seiman adalah hal yang Tuhan kehendaki dan itulah hukum kedua yang Yesus sebutkan setelah mengasihi Tuhan dengan segenap  jiwa dan dengan segenap akal budi dan dengan segenap kekuatan. 

Kebencian bukanlah karakter ilahi, iblis dapat menipu kita dengan menaburkan kebencian diantara saudara seiman bila kita jatuh dalam tipuannya.

Ketika seseorang hidup dalam kebencian sudah pasti sedang hidup dalam kegelapan dan penyesatan, hal sesuai dengan firman Tuhan yang kita baca hari ini.

Kebencian bisa timbul karena banyak hal, salah satunya adalah karena tidak ada komunikasi yang baik sehingga iblis menggunakan ini untuk memecah belah dan menyesatkan.

Bila kita tidak menjaga hati dan pikiran seringkali bisa timbul benih kebencian ketika salah menafsirkan nasehat atau masukan sebagai sesuatu yang menyerang pribadi kita.

Marilah kita yang dewasa dalam Tuhan tetap berpikir baik sekalipun mungkin cara yang digunakan saudara kita tidak tepat di dalam memberikan masukan.

Memang ini bukanlah hal yang mudah karena kita juga punya hati yang bisa terluka, namun Yesus telah memberikan teladan melalui pengampunanNya yang diberikan kepada kita sekalipun Dia berduka karena dosa-dosa kita.

Saudara, mari kita belajar untuk mengkomunikasikan dengan baik maksud kita kepada saudara lain dan juga kepada pemimpin sehingga tidak ada benih kebencian yang timbul.

Bila hati kita penuh kasih dan ingin senantiasa hidup dalam terang maka kita harus terbuka dan siap juga untuk dinasehati satu sama lain dan terutama oleh pemimpin yang Tuhan tempatkan diatas kita.

Kita semua memang belum sempurna, selalu ada kelemahan diantara kita, namun mari kita memutuskan untuk memiliki hati yang tulus dan mengasihi, kita tahu bahwa senantiasa harus menjaga hati kita baik-baik.

Amsal 4:23 dalam terjemahan versi BIS memberikan kalimat yang cukup jelas: ”Jagalah hatimu baik-baik, sebab hatimu menentukan jalan hidupmu”.

Saudara, tidak ada yang tahu apa isi hati kita sesungguhnya kecuali Tuhan, namun waktu akan membuktikan siapa yang hidup dalam terang dan siapa yang hidup dalam kegelapan dan penyesatan, hatimu menentukan jalan hidupmu.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk Saudara lakukan? diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.

Pembacaan Alkitab Setahun

2 Samuel 4-7