TIDAK ADA KETAKUTAN DALAM KASIHNYA

Penulis : Anang Kristianto
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

1 YOHANES 4:18-21

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah dalam kasih ada ketakutan? Mengapa?
  2. Apa artinya bila kita takut?
  3. Siapa yang disebut pendusta sesuai perikop yang dibaca hari ini?
  4. Apa perintah yang kita terima dari Tuhan pada bacaan hari ini?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih”.

Ketakutan adalah bentuk ketidaksempurnaan kasih, ketakutan juga merupakan bentuk ketidakpercayaan kepada Allah.

Tuhan tidak ingin kita melakukan segala sesuatu karena ketakutan, motivasi ketakutan bukanlah hal yang benar bagi kita orang percaya.

Memberi, karena kalau tidak memberi takut kena hukuman atau kutuk adalah salah satu contoh, begitu juga ketika kita bekerja karena takut akan kekurangan, takut untuk tidak punya uang, takut masa depan adalah bentuk lain dari ketakutan yang tidak berkenan kepada Tuhan.

Kasih kita yang sempurna kepada Tuhan membuat kita percaya akan penyertaanNya, kita dapat bersandar sepenuhNya pada Tuhan dalam segala aktivitas kita dan tetap mengalami damai sejahtera sekalipun banyak persoalan yang harus kita selesaikan.

Kasih para misionaris lintas budaya dan negara kepada Tuhan menjadikan mereka tidak takut menghadapi berbagai ancaman ketika memberitakan Injil di daerah-daerah pedalaman, mereka tidak takut akan ancaman bahkan tidak takut kehilangan nyawanya, hal itu dapat terjadi karena hati mereka dipenuhi kasih Allah kepada orang-orang yang belum percaya.

Bagaimana dengan kehidupan saudara saat ini?

Adakah rasa takut yang memotivasi dalam seluruh aktivitas kita baik di pekerjaan, keluarga atau dalam pelayanan?

Baiklah kita bersama melayani dan beraktivitas dalam kasihNya yang sempurna dan bebas dari motivasi ketakutan yang dapat merusak hidup kita secara fisik maupun rohani.

Orang-orang dunia mungkin berkata “takut adalah normal karena dapat membuat kita waspada dan bekerja keras untuk masa depan” namun bagi kita orang percaya jelas tidak seharusnya ada motivasi ketakutan, kita tetap waspada dan rajin bekerja bukan karena takut masa depan tetapi karena kita mengasihi Tuhan dan menyandarkan harapan kita kepadaNya.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan? diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.