DIMETERAIKAN DENGAN ROH KUDUS

Penulis : Pramadya Wisnu
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

EFESUS 1:11-14

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Hal apa yang Paulus dan kita yang percaya akan peroleh “di dalam Kristus”?
  2. Apa yang menjadi jaminan bahwa orang percaya akan memperoleh penebusan yang penuh?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Efesus 1:11  Aku katakan “di dalam Kristus”, karena di dalam Dialah kami mendapat bagian yang dijanjikan–kami yang dari semula ditentukan untuk menerima bagian itu sesuai dengan maksud Allah, yang di dalam segala sesuatu bekerja menurut keputusan kehendak-Nya—

Kata “ditentukan” dalam Bahasa Inggris adalah predestined atau sekarang sering digaungkan sebagai “predestinasi”. 

Predestinasi sendiri adalah doktrin bahwa semua peristiwa telah dikehendaki oleh Tuhan, biasanya dengan mengacu pada bagaimana nasib akhir jiwa tiap-tiap individu.

Tetapi sekali lagi, kita harus memahaminya dari kacamata Allah, Kemahatahuan Allah telah menyebabkan Allah bahkan tahu akhir hidup tiap-tiap individu.

Paulus oleh karena iman, dia tahu bahwa dia termasuk orang-orang yang akan menerima janji-janji Allah, sehingga dengan tegas dia dapat mengatakan: “Aku katakan ‘di dalam Kristus’, karena di dalam Dialah kami mendapat bagian yang dijanjikan”

Tetapi janji itu tidak hanya berlaku bagi Paulus, tetapi juga bagi kita yang mau percaya dan selanjutnya mau hidup dipimpin oleh Roh Allah.

Efesus 1:13  Di dalam Dia kamu juga–karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu–di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu. 

Di dalam Dia kamu juga… ya hal itu berarti kitajuga akan memperoleh janji yang sama.

Tetapi….kita sebagai orang yang telah diciptakan baru, tetap memiliki kehendak bebas, untuk memilih percaya atau tidak percaya pada janji-janji Tuhan selanjutnya.

Jadi penggenapan janji Allah tidaklah digenapi secara otomatis.

Tetapi jika kita seperti Paulus, menerima janji ini sebagai Rhema, maka iman kita akan membuat kita sebagai individu yang telah di-predestinasi untuk menerima janji Tuhan.

Efesus 1:14  Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya. 

Saudara….Roh Kudus adalah jaminan bahwa kita akan menerima apa yang telah dijanjikan Allah kepada umat-Nya.

Saudara, materi bahan renungan hari ini dan kemarin, mungkin cukup sulit dipahami.

Semoga akhirnya bisa dipahami dan memberikan insight atau pencerahan bagimu.