Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : LUKAS 6:12-16

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Lukas 6:12.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Pada waktu malam hari ke manakah Yesus pergi dan apakah yang dilakukan-Nya?
  2. Apakah yang Yesus lakukan pada siang hari?
  3. Menurut saudara apakah yang diperoleh oleh Yesus ketika Ia berdoa kepada Bapa pada malam hari?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Yesus memberikan teladan bahwa dalam hal-hal yang khusus di mana Dia membutuhkan arahan dan petunjuk Bapa maka Dia selalu berdoa di tempat yang khusus dan di waktu yang khusus.

Yesus mengerti bahwa untuk membangun dan memilih murid-murid yang akan bersama dengan Dia, yang membangun rumah Tuhan dan melanjutkan pergerakan yang dilakukan-Nya di dunia ini, perlu sekali campur tangan Bapa sehingga Yesus dapat memahami rencana Bapa buat Dia dan murid-murid-Nya.

Itulah sebabnya Dia berdoa dan berdoa dengan waktu yang panjang yaitu semalaman.

Dalam banyak hal pergumulan hidup kita secara pribadi maupun secara korporat, maka diperlukan doa-doa yang mana kita telah mati terhadap kepentingan kita, seperti yang dilakukan oleh Yesus.

Pada malam hari kebanyakan orang ingin tidur dan beristirahat, tetapi kita harus menyingkirkan kepentingan kita di mana ada kepentingan Yesus yang harus kita kerjakan yaitu berdoa semalaman untuk hal-hal yang khusus agar kita mendapatkan arahan demi arahan dari Tuhan.

Hal tersebut juga diinginkan oleh Tuhan.

“Di atas tembok-tembokmu, hai Yerusalem, telah Kutempatkan pengintai-pengintai. Sepanjang hari dan sepanjang malam, mereka tidak akan pernah berdiam diri. Hai kamu yang harus mengingatkan TUHAN kepada Sion, janganlah kamu tinggal tenang” (Yesaya 62:6).

Selain kita berdoa buat pergumulan pribadi dan secara korporat maka berdoa semalaman menjadikan kita sebagai penjaga kota.

Oleh karena itu marilah kita bangun kehidupan doa semalam-malaman.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara membangun kehidupan doa semalaman dengan konsisten!