Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : YOHANES 14:15-18

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa bukti seseorang yang mengasihi Kristus?
  2. Apa yang Yesus ingin minta kepada Bapa-Nya?
  3. Disebut apa saja nama dari Penolong, yang diutus Bapa itu?
  4. Mengapa dunia tidak bisa menerima dan tidak bisa mengenal-Nya?
  5. Apa yang akan Dia lakukan kepada murid-murid Yesus?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara yang kekasih, ketika Yesus hendak menyelesaikan tugas atau misi-Nya di dunia ini, maka Dia menyiapkan murid-muridNya, agar semua muridNya mengerti dan tahu rencana Bapa di dalam misi YESUS KRISTUS.

Dia menyiapkan para murid dengan persiapan dan perlengkapan yang memadai, sehingga para murid benar-benar dapat melangsungkan tugas dan menyelesaikan tugas Bapa yang diemban oleh para murid.

Yesus menjanjikan akan datang seorang yang MENOLONG, MENGHIBUR dan yang akan MEMBAWA PARA MURID KE DALAM SELURUH KEBENARAN, yaitu ROH KUDUS, ROH ALLAH.

YOHANES 14:2627 : tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-KU. Dialah yang akan mengajarkan segala segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

Roh Kudus inilah yang memimpin para murid Yesus yang kemudian disebut dengan PAPA RASUL, ketika mereka dengan kesadaran penuh BERTINDAK SEBAGAI PENERUS DAN PELAKSANA MISI YESUS KRISTUS.

Yesus mengutus mereka untuk mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan Bapa-Nya yang YESUS EMBAN SELAMA HIDUPNYA dan kemudian YESUS MENDELEGASIKANNYA DALAM AMANAT AGUNG KRISTUS.

KISAH PARA RASUL 1:8 “Tetapi kamu akan menerima KUASA Jikalau ROH KUDUS turun ke atas kamu dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalaem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke Ujung bumi.”

Saudara, Roh inilah yang terus menyertai murid-murid Yesus untuk hidup dan melaksanakan kehidupan mereka bersama di dalam KERAJAAN ALLAH yang diteruskan dari YERUSALEM, YUDEA, SAMARIA dan hari ini AKAN DITERUSKAN KE SELURUH MUKA BUMI.

Yesus menjanjikan kehadiran Roh Kudus di muka bumi ini untuk MENYERTAI MURID-MURID YESUS, ROH KUDUS hadir di dalam hidup kita Dia berada di dalam kita, MENYERTAI kita, DIA mengajari kita sesuai apa yang ingin kita lakukan sebagai PELAKSANA FIRMAN TUHAN.

DIA MENGINGATKAN APA SAJA FIRMAN TUHAN YANG SUDAH PERNAH DIAJARKAN KEPADA KITA. Bahkan Yesus janji bahwa ROH KUDUS ingin mengarahkan hidup kita.

YOHANES 16:13 : ”Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.”

Jadi Roh Kudus yang memimpin murid-murid Yesus hari ini sebagai ganti Yesus untuk menyelesaikan TUGAS BAPA YANG DULU DIKERJAKAN OLEH YESUS KRISTUS.

ROH KUDUS adalah TUHAN ALLAH YANG DIAM DI DALAM KITA, YANG MENYERTAI KITA DARI DALAM HATI KITA.

ROH KUDUS yang kita PEROLEH ketika kita PERCAYA dan ROH KUDUS menjadikan kita menjadi MILIK KRISTUS dan MILIK BAPA dengan memeterai kita dengan ROH KUDUS sebagai MILIK KRISTUS.

EFESUS 1:1314 : ”Di dalam Dia kamu juga – karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu – di dalam Dia kamu juga ketika kamu percaya dimeteraikan dengan Roh Kudus yang dijanjikan-Nya itu. dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.”

Roh ini bekerja dari dalam hidup kita Dia bekerja memimpin kita.

Namun Roh Kudus ini adalah Allah YANG MAHA BAIK.

DIA tidak pernah MEMAKSA KITA ataupun Dia TIDAK MENJADIKAN KITA ROBOT YANG DIA KENDALIKAN.

Bagi kita orang yang percaya, kita akan Dia JADIKAN SEORANG MURID.

GALATIA 5:24-25 : ”Barang siapa  menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya, jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga di pimpin oleh Roh.”

Roh Kudus akan memimpin kita jika kita merelakan diri kita atau tubuh kita DIPIMPIN OLEH ROH KUDUS.

ROH KUDUS akan memulihkan, mengajari kita, mengarahkan atau memimpin kita dari dalam hidup kita.

HALELUYA.

PUJI TUHAN.

AMEN.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Apa yang menyebabkan banyak anak Tuhan hidupnya tidak berubah dan mereka masih bisa hidup dengan sembarangan?