Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : AMSAL 13:19-22

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Amsal 13:22.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Hal-hal apa sajakah yang akan dialami oleh orang-orang berdosa atau orang bebal?
  2. Bagaimanakah perlakuan Tuhan terhadp orang benar?
  3. Kepada siapakah kekayaan orang-orang berdosa disimpan?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Tuhan sangat membuat istimewa atau spesial terhadap orang-orang benar di mana Dia membalas orang benar dengan kebahagiaan bahkan kekayaan orang-orang berdosa Tuhan simpan bagi orang-orang benar.

Pada masanya kekayaan bangsa-bangsa akan pindah kepada orang-orang benar.

“Pada waktu itu engkau akan heran melihat dan berseri-seri, engkau akan tercengang dan akan berbesar hati, sebab kelimpahan dari seberang laut akan beralih kepadamu, dan kekayaan bangsa-bangsa akan datang kepadamu. Sejumlah besar unta akan menutupi daerahmu, unta-unta muda dari Midian dan Efa. Mereka semua akan datang dari Syeba, akan membawa emas dan kemenyan, serta memberitakan perbuatan masyhur TUHAN.” (Yesaya 60:5-6).

Bahkan dalam Pengkhotbah 2:26 dikatakan bahwa: “Karena kepada orang yang dikenan-Nya Ia mengaruniakan hikmat, pengetahuan dan kesukaan, tetapi orang berdosa ditugaskan-Nya untuk menghimpun dan menimbun sesuatu yang kemudian harus diberikannya kepada orang yang dikenan Allah.”  

Kedaulatan Tuhanlah yang akan membuat hati bangsa-bangsa beralih atau pindah kepada orang benar.

Agar kita siap menerima semuanya itu maka kita harus memiliki sikap hati dan pola pikir yang benar terhadap uang dan harta supaya kita tidak terjebak dengan cinta akan uang.

Hal-hal yang harus kita bangun adalah integritas dalam hal keuangan.

Jadikan uang, kesuksesan, ketenaran dan jabatan sebagai alat atau sarana untuk mewujudkan kehendak Tuhan.

Demikian juga “kekayaan” bukan tujuan hidup tetapi juga sarana untuk memuliakan Tuhan dan hati kita selalu tertuju untuk memberi bukan untuk menimbun harta sehingga kita patut menjadi orang kepercayaan Tuhan.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara membangun sikap hati yang benar terhadap uang dan harta agar dapat dipercayakan Tuhan harta bangsa-bangsa!