Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : II KORINTUS 9:10-13

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapa yang menyediakan benih bagi penabur dan roti untuk di makan? apa maksudnya benih dan apa pula roti dalam bagian ini?
  2. Siapa yang akan memperkaya jemaat, sehingga mereka menjadi murah hati dan membuat banyak orang bersyukur kepada Allah?
  3. Selain untuk mencukupkan orang-orang kudus, untuk apa lagi pemberian itu?
  4. Banyak orang akan memuliakan Allah karena ketaatan kita, namun apa lagi yang membuat banyak orang akan bersyukur kepada Allah kareana kita?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, kalau kita membaca bagian firman ini utuh dalam perikopnya maka kita dapati bahwa dalam memberi persembahan kita benar-benar memberi persembahan dengan sukacita dan memberi seperti orang menaburkan benih.

Sangat jelas dikatakan bahwa orang yang menabur benih akan menuai.

Ditaburkan sedikit akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak akan menuai banyak juga.

Dan marilah mempersembahkan sesuatu denga sukacita dan dan kerelaan bukan terpaksa atau suatu KEWAJIBAN.

Saudara, dalam pendapatan kita, berapa banyak pun itu selalu ada BENIH dan ada ROTI, roti untuk dimakan dan benihnya untuk ditaburkan, untuk itu, seperti renungan beberapa hari lalu perlu kita bertanya kepada PEMBERI BENIH DAN ROTI ITU.

TUHAN YESUS KRISTUSlah yang menyediakan ROTI dan BENIH itu, jadi kita perlu bertanya agar mengerti KETIKA TUHAN MEMBERKATI KITA tujuan-Nya adalah supaya kita bisa MEMBERKATI ORANG LAIN.

Ketika kita diberkati kemudian kita memberkati orang lain, maka kita bisa membantu orang yang kekurangaan dan mereka akan bersyukur kepada Tuhan karena pemberian kita itu, itulah tujuan Allah ketika Dia memberkati kita.

Supaya nyata kepada orang-orang yang belum percaya bahwa KRISTUS sangat MEMBERKATI UMATNYA dan DIA SUDAH menyampaikan firman-Nya : bahwa umat-Nya akan berkelimpaahan.

Apa bukti berkelimpahan itu?

Ada orang-orang yang memperoleh berkat dari pemberian kita, itu tandanya kita mengalami berkelimpahan, tidak saja cukup.

Ketika Dia memberi kepada kita, selalu Dia menyediakan ROTI untuk dimakan dan BENIH untuk ditaburkan.

Dia selalu ingin agar benih itu diberikan, atau ditaburkan kepada orang-orang yang membutuhkan, atau orang-orang yang kekurangan, di sekitar kita.

Saudara, para Pemazmur dan nabi pada Perjanjian Lama, dan Yesus mengatakan :

AMSAL 28:27 Siapa memberi kepada orang miskin tak akan berkekurangan, tetapi orang yang menutup matanya akan sangat dikutuki.

MATIUS 6:3-4 Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu. Hendaklah sedekahmu itu diberikan tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.

Saudara, Tuhan yang memberkati kita dengan tujuan supaya kita bisa menjadi berkat bagi orang lain, yang sangat membutuhkan.

Ketika kita suka memberi maka Tuhan akan selalu memberkati pekerjaan kita sehingga semakin banyak atau akan semakin besar kemampuan kita untuk menjadi berkat, karena TUHANLAH yang MEMPERBESAR KAPASITAS KITA, karena keinginan kita  MENJADI BERKAT BAGI orang yang sangat membutuhkan di sekitar kita.

AMSAL 11:24-25 Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemaat secara luar biasa, namun selalu kekurangan. Siapa yang banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum.

Saudara, mari kita terus mendengarkan arahan Roh Kudus, pada masa dan saat ini, supaya kita dapat mengikuti apa yang BAPA sedang RENCANAKAN DAN KERJAKAN karena untuk itu kita ditebus dan dipanggil-Nya.

TUHAN akan terus menyediakan BENIH untuk ditaburkan dan ROTI untuk dimakan, dan biarlah Dia yang terus mengarahkan hati kita supaya banyak orang dapat mengenal dan memuji TUHAN ALLAH karena kebaikan hati yang TUHAN MAU kita nyatakan kepada orang-orang yang MEMBUTUHKAN.

HALELUYA, PUJI TUHAN, AMEN!

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Mengapa TUHAN ingin kita MEMBERKATI ORANG-ORANG YANG ADA DI SEKITAR KITA khususnya orang kekurangan dan miskin di sekitar kita?