YESUS TELAH MENGALAHKAN DUNIA

Penulis : Bernard Tagor

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

YOHANES 16: 28-33

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya, dapat menangkap arti yang dikandungnya!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Darimana Yesus datang? Dan kemana Yesus datang? Dan kemana Yesus pergi? (ayat 28)
  2. Apa yang murid-muridNya ketahui tentang Yesus? (ayat 30)
  3. Apa yang akan terjadi kepada murid-muridNya, ketika mereka percaya bahwa Yesus datang dari Allah? (ayat 32)
  4. Apa Janji Yesus, ketika murid-muridNya mengalami penderitaan aniaya akibat Iman percaya mereka kepada Yesus? Dan siapa yang terlebih dahulu mengalahkan dunia? (ayat 33)
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, masih ingat tentang renungan kita hari sebelumnya, yang berbicara tentang doa yang Yesus panjatkan kepada Bapa untuk murid-muridNya, di masa-masa terakhir sebelum Yesus di tangkap?

Hari ini jika kita membaca kitab Injil Yohanes, khususnya seluruh pasal 16, kita akan mengetahui bagaimana perkataan Yesus tentang hal-hal apa saja yang akan terjadi ketika Yesus tidak lagi bersama-sama dengan mereka.

Yesus tahu, Dia datang ke bumi hanya sementara untuk menggenapi seluruh kitab suci akibat kejatuhan manusia Adam dan Hawa di dalam dosa.

Dia datang ke dunia ini dengan cara menjadi manusia untuk menyelamatkan umat manusia, dengan cara mati di gantung di kayu salib untuk menebus dosa umat manusia.

Yesus menyadari bahwa dengan kepergianNya ke Sorga dan tidak lagi bersama-sama dengan para muridNya maka ada banyak rintangan yang akan dihadapi oleh murid-muridNya.

Murid-murid akan mengalami banyak ancaman, penderitaan, aniaya, persekusi, dibenci, dijauhi oleh dunia, dicerai-beraikan bahkan bisa saja dibunuh.

Oleh karena itulah, Tuhan memberikan Janji kepada murid-murid yang di tinggalkanNya dengan memberikan Penghibur yaitu Roh Kudus untuk menemani dan menolong mereka.

Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu : Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman akan dosa” (Yohanes 16 : 7-9a).

Kita umat yang sudah percaya kepadaNya telah memiliki hidup yang kekal bersama dengan Kristus dan status kewargaan kita bukan lagi dari dunia ini, sebagai konsekuensinya kita akan menghadapi penderitaan karena namaNya.

Namun seperti ayat yang kita baca hari ini, Dia sudah terlebih dahulu mengalaminya dan Dia juga sudah mengatakannya kepada kita.

Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu”(Yohanes 16:4a).

Jadi janganlah kita takut! Sebab kematian Yesus di kayu salib, kebangkitanNya dari kematian dan kenaikanNya ke Sorga membuktikan bahwa Dia sudah mengalahkan dunia sehingga Iman kita pun sanggup mengalahkan dunia. Haleluya!!

Diskusikan dengan kelompok PA dan persekutuan kita, jika kita sudah percaya dengan Kristus Yesus, apakah yang perlu kita lakukan ke depan di sepanjang hidup kita?

Pembacaan Alkitab Setahun

Mazmur 119:89-176