MENGALAMI KARUNIA ROH KUDUS

Penulis : Pramadya Wisnu

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

KISAH PARA RASUL 2:37-41

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya, dapat menangkap arti yang dikandungnya!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang Petrus sedang lakukan di depan orang banyak?
  2. Dan seperti apa respon mereka yang mendengarkan?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Mengalami karunia Roh Kudus hanya akan terjadi jika kita adalah pelaku dari peristiwa tersebut.

Kitab Kisah Para Rasul bukanlah berisi teori tentang bagaimana supaya orang mengalami pimpinan Tuhan, teori tentang bagaimana orang mengalami demonstrasi kuasa Roh.

Kitab Kisah Para Rasul adalah tentang cerita bagaimana para rasul dan para murid menjadi obyek atau pelaku secara langsung dari pertunjukkan kuasa Roh.

Jadi jika kita bermaksud untuk mengalami karunia Roh Kudus, maka kisah dalam Kitab Kisah Para Rasul itu adalah contoh-contoh yang dapat kita ikuti dan terapkan.

Tanda-tanda dan mukjizat yang terjadi di Kitab Kisah Para Rasul, bukan dalam peristiwa yang biasa-biasa saja.

Tanda-tanda dan mukjizat itu terjadi ketika para rasul sedang melayani Tuhan, lebih tepatnya, sedang memberitakan Injil!

Ada banyak contoh peristiwa yang menegaskan pernyataan ini.

Kisah Para Rasul 2:41  “Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa”.

Kotbah pertama Petrus menghasilkan 3.000 orang bertobat.

Mukjizat orang lumpuh menghasilkan 2.000 orang bertobat seperti yang dikisahkan di Kisah Para Rasul 3:6Tetapi Petrus berkata: “Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah!”.

Kisah Para Rasul 9:34–35Kata Petrus kepadanya: “Eneas, Yesus Kristus menyembuhkan engkau; bangunlah dan bereskanlah tempat tidurmu!” Seketika itu juga bangunlah orang itu. Semua penduduk Lida dan Saron melihat dia, lalu mereka berbalik kepada Tuhan.”

Petrus menyembuhkan Eneas dan penduduk Lida dan Saron berbalik kepada Tuhan.

Kisah Para Rasul 9:40,42Tetapi Petrus menyuruh mereka semua keluar, lalu ia berlutut dan berdoa. Kemudian ia berpaling ke mayat itu dan berkata: “Tabita, bangkitlah!” Lalu Tabita membuka matanya dan ketika melihat Petrus, ia bangun lalu duduk. Peristiwa itu tersiar di seluruh Yope dan banyak orang menjadi percaya kepada Tuhan.”

Disini Petrus membangkitkan Tabita dari kematian, dan peristiwa itu mengakibatkan seluruh Yope, dan banyak orang yang percaya kepada Tuhan.

Tanda dan mukjizat terjadi ketika para murid memberitakan Injil, menceritakan Yesus.

Hal yang sama saat ini sedang terjadi di berbagai penjuru dunia, bagaimana tanda-tanda dan mukjizat terjadi ketika orang-orang memberitakan Injil.

Saudara, dalam kelompok pemuridan diskusikan bagaimana penerapan dari perintah Tuhan untuk memberitakan Injil. Dan segera mengambil keputusan kapan akan menerapkan kebenaran Firman.

Pembacaan Alkitab Setahun

Mazmur 106-107