BERDOA DAN BERSEKUTU SECARA PRIBADI DENGAN BAPA

Penulis : Pramadya Wisnu

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

MATIUS 6:5-13

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya, dapat menangkap arti yang dikandungnya!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah yang dilakukan oleh orang munafik ketika mereka berdoa?
  2. Seperti apakah sikap dalam berdoa yang Yesus ajarkan?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Markus 1:35 ”Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.”

Tuhan Yesus memberikan contoh yang baik bagaimana Dia berdoa kepada Bapa, Yesus dengan sengaja pergi ke tempat sunyi, menghindar dari keramaian, di pagi hari yang masih gelap untuk bersekutu dengan Bapa dan berdoa.

Setelah kita dilahirkan kembali, kita mengenakan manusia yang baru, menjadi manusia rohani.

Berbeda dengan tubuh jasmani kita yang tetap sama sebelum dan sesudah kita dilahirkan baru, setelah kita diciptakan baru, maka karena roh kita betul-betul diperbarui, kita mendapat roh yang baru.

Roh kita yang baru ini membutuhkan makanan rohani, lalu darimana makanan rohani itu diperoleh.

Melalui Firman dan persekutuan pribadi dengan Bapa.

Matius 4:4  ”Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.”

Makanan jasmani untuk tubuh jasmani kita, makanan rohani untuk roh kita. Firman Tuhan yang kita baca, ditambah persekutuan pribadi kita dengan Allah Bapa, itu adalah makanan rohani kita sebagai manusia rohani.

Ketika membaca dan merenungkan Firman, sebenarnya kita sedang berdialog dengan Bapa di sorga.

Demikian juga ketika kita berdoa, menyembah Tuhan, roh kita juga sedang bersekutu dan berdialog atau bercakap-cakap dengan Tuhan.

Kita berkata-kata kepada Tuhan dan kita mencoba untuk mendengar apa yang Roh katakana kepada kita.

Orang yang terbiasa untuk melakukan hal ini secara teratur, maka dia akan semakin peka untuk mengerti dan membedakan, mana suara Roh dan mana suara yang berasal dari diri sendiri.

Itulah sebabnya meluangkan waktu secara khusus di pagi hari untuk bersekutu dengan Bapa, berdoa dan juga membaca Firman adalah hal yang sangat penting.

Manusia rohani membutuhkan makanan rohani.

Tentang tubuh jasmani, kelak kita akan memiliki tubuh jasmani yang juga sama sekali baru pada saat kebangkitan tubuh -1 Korintus 15:35-44.

1 Korintus 15:40  ”Ada tubuh sorgawi dan ada tubuh duniawi, tetapi kemuliaan tubuh sorgawi lain dari pada kemuliaan tubuh duniawi.”

Tetapi yang kita butuhkan saat ini adalah bagaimana manusia rohani kita, jiwa kita yang terus diperbarui melalui persekutuan pribadi kita dengan Roh Allah.

Saudara, dalam kelompok pemuridan ceritakan pengalamanmu ketika berdoa secara teratur di pagi hari.

Pembacaan Alkitab Setahun

Mazmur 96-102