GEREJA YANG MENJADI AGEN PEMULIHAN

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

YESAYA 61:1-4

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya, dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Yesaya 61:4!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapakah yang telah mengurapi kehidupan kita?
  2. Apakah tujuan Tuhan mengurapi dan mengutus kita untuk pergi?
  3. Siapakah yang akan membangun reruntuhan yang berabad-abad dan yang akan mendirikan kembali tempat-tempat sunyi dan membaharui kota-kota yang runtuh?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Ketika kita mengalami kelahiran kembali maka Roh Kudus tinggal di dalam hati kita. Roh Kudus membuat transformasi dalam hidup kita baik, sehingga hidup kita diubahkan.

”Tetapi apabila hati seorang berbalik kepada Tuhan, maka selubung itu diambil dari padanya.  Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan. Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.” (2 Korintus 3:16-18).

Tujuan dari pemulihan ke arah Kristus adalah supaya kita menjadi agen pemulihan dan dapat mengubahkan dunia ini.

”Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib.” (1 Petrus 2:9).

Namun untuk menjadi agen pemulihan untuk memulihkan dunia ini Tuhan memberikan Roh Kudus-Nya untuk mengurapi kita agar kita memiliki kekuatan dan otoritas serta kuasa untuk melakukannya.

Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” (Kisah Para Rasul 1:8).

Itulah sebabnya pemulihan bagi dunia ini oleh kehidupan kita selalu disertai oleh tanda-tanda  dan mukjizat.

”Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.” (Markus 16:15-18).

Tujuan kita menjadi agen pemulihan tersebut bukan hanya untuk memberitakan Injil Keselamatan tetapi Injil Kerajaan Allah yang membuat semua bangsa menjadi murid Kristus, kota, pulau, desa dan seluruh dunia.

”Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” (Matius 28:19-20).

Kita dipulihkan untuk menjadi agen pemulihan bagi bangsa-bangsa dan dunia ini.

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara menjadi agen pemulihan bagi komunitas saudara setelah saudara dipulihkan oleh Roh Kudus!

Pembacaan Alkitab Setahun

Mazmur 58-65