BERTAHAN SAMPAI KESUDAHANNYA

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

MATIUS 24:3-13

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya, dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Matius 24:13!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Coba sebutkan hal-hal yang akan terjadi sebagai tanda-tanda kedatangan Yesus dan kesudahan dunia ini?
  2. Bagaimanakah respon kita terhadap setiap peristiwa tanda-tanda kesudahan dunia ini?
  3. Apakah yang harus kita beritakan ke seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Yesus telah menjelaskan kepada murid-murid-Nya tentang tanda-tanda kedatangan Yesus yang kedua kali dan tanda-tanda kesudahan dunia.

Diantaranya akan munculnya Mesias palsu yang menyesatkan banyak orang, deru perang atau kabar-kabar tentang perang, bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan, terjadi kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat, akan ada penderitaan  yang dialami oleh umat Tuhan, banyak nabi palsu yang akan menyesatkan banyak orang, banyak orang yang akan murtad dan kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin karena bertambahnya kedurhakaan.

Dan Tuhan menasehatkan umat-Nya agar bertahan sampai kesudahan dunia ini.

“Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat. (Matius 24:13).

Kita tidak takut menghadapi kesudahan dunia ini tetapi kita bertahan, dan cara bertahan adalah dengan meresponi setiap peristiwa yang terjadi dengan benar, diantaranya:

  1. Kita waspada terhadap penyesatan supaya kita tidak disesatkan, dengan cara bersekutu dengan Firman Tuhan sehingga dengan dasar keyakinan dari Firman Tuhan kita tetap teguh. ”Jawab Yesus kepada mereka: “Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu!” (Matius 24:4). ”Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.” (Mazmur 119:105).
  2. Kita berawas-awas ketika terjadi deru perang dan kabar-kabar tentang perang, dengan percaya bahwa Tuhan yang menyertai kita selama-lamanya. ”Kamu akan mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang. Namun berawas-awaslah jangan kamu gelisah; sebab semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya.” (Matius 24:6). ”Dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” (Matius 28:20).
  3. Kita memahami bahwa penderitaan yang kita alami karena nama Yesus merupakan anugerah bagi kita sehingga kita kuat dalam penderitaan. ”Pada waktu itu kamu akan diserahkan supaya disiksa, dan kamu akan dibunuh dan akan dibenci semua bangsa oleh karena nama-Ku.” (Matius 24:9). ”Sebab kepada kamu dikaruniakan bukan saja untuk percaya kepada Kristus, melainkan juga untuk menderita untuk Dia.” (Filipi 1:29).

Dan bagian kita yang harus kita lakukan adalah memberitakan Injil Kerajaan Allah agar dunia yang mengalami kegoncangan di akhir zaman dapat beroleh keselamatan dan tidak binasa.

Karena pada hari-hari terakhir banyak orang akan mencari Tuhan dan Tuhan berkata bahwa yang berseru kepada Tuhan akan diselamatkan.

”Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya.” (Matius 24:14).

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara meresponi tanda-tanda kedatangan Tuhan dan tanda-tanda kesudahan dunia supaya saudara dapat bertahan dan hidup sesuai dengan Firman Tuhan.

Pembacaan Alkitab Setahun

Nehemia 7