TUHAN YANG MEMBERIKAN HIKMAT

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

DANIEL 5:8-12

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya, dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Daniel 5:11!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Roh bagaimanakah yang dimiliki oleh Daniel seperti yang disampaikan oleh permaisuri Raja? Dan dari siapakah roh tersebut bagi Daniel?
  2. Apakah yang dihasilkan dari roh yang dimiliki oleh Daniel?
  3. Coba saudara jelaskan apakah yang dimaksudkan dengan hikmat?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Daniel yang juga dinamai Beltsazar memiliki roh yang luar biasa yang menurut permaisuri raja Belsyazar Daniel memiliki roh yang sama seperti roh para dewa.

Akibatnya Daniel juga memiliki akal budi, hikmat yang dapat menerangkan mimpi raja dan menyingkapkan hal-hal yang tersembunyi dari penglihatan yang dialami oleh raja.

Dan apa yang dimiliki oleh Daniel adalah berasal dari Tuhan.

Namun bagi kita yang percaya kepada Tuhan Yesus dan memiliki Roh Kudus, kita juga memiliki roh yang dimiliki oleh Daniel sehingga kita dapat memiliki hikmat dan dapat memaahami hal-hal yang akan datang, karena Yesus yang kita miliki itu adalah Roh Hikmat.

”Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah. Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN.” (Yesaya 11:1-2).

Dan Allah memberikan Roh Kudus kepada kita sehingga kita mengetahui rahasia Allah dan isi hati Allah bagi kita dan orang lain.

”Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita. Dan karena kami menafsirkan hal-hal rohani kepada mereka yang mempunyai Roh, kami berkata-kata tentang karunia-karunia Allah dengan perkataan yang bukan diajarkan kepada kami oleh hikmat manusia, tetapi oleh Roh. Sebab: “Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan, sehingga ia dapat menasihati Dia?” Tetapi kami memiliki pikiran Kristus.” (1 Korintus 2:12-13, 16).

Pekerjaan Roh Kudus dalam diri kita membuat kita dapat bertumbuh dan berjalan dengan hikmat Tuhan.

Namun kadang kali ada banyak dalam pikiran kita sering mengganggu untuk kita berjalan dengan hikmat terutama pikiran negatif, trauma-trauma yang menghalangi hikmat Tuhan untuk dinyatakan dalam pikiran dan hati kita.

Oleh karena itu kita perlu hidup membaca, merenungkan serta memperkatakan Firman Tuhan supaya pikiran kita dicuci dengan Firman Tuhan yang pada akhirnya kita mulai memiliki pikiran dan hikmat Kristus.

”Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, — yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit —, maka hal itu akan diberikan kepadanya.” (Yakobus 1:5).

”Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.” (Filipi 4:8).

Melalui persekutuan dengan Firman Tuhan dan Roh Kudus maka kita akan bertumbuh dengan hikmat seperti yang dimiliki oleh Yesus dan kita akan sangat efektif dan produktif dalam Kerajaan Allah seperti Yesus.

”Anak itu bertambah besar dan menjadi kuat, penuh hikmat, dan kasih karunia Allah ada pada-Nya.” (Lukas 2:40).

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara bertumbuh dalam hikmat yang diberikan oleh Tuhan kepada saudara.

Pembacaan Alkitab Setahun

Nehemia 4-6