ROH KUDUS YANG DIBERIKAN UNTUK MENOLONG

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

KISAH PARA RASUL 2:17-21

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya, dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Kisah Para Rasul 2:17!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapakah yang akan dicurahkan di dunia ini pada hari-hari terakhir?
  2. Kepada siapakah Roh Kudus akan dicurahkan oleh Tuhan?
  3. Menurut saudara, apakah tujuan dari Roh Kudus dicurahkan bagi kita dan dunia ini?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Roh Kudus akan dicurahkan secara luar biasa pada akhir dari akhir zaman ini, karena Tuhan ingin semua orang diselamatkan oleh kuasa Injil dan Injil harus diberitakan dengan penuh kuasa.

“Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya.” (Matius 24:14).

“Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” (Kisah Para Rasul 1:8).

Roh Kudus dicurahkan untuk menolong kita untuk dapat hidup dengan standar Tuhan bahkan menjadi sama seperti Kristus dan Tuhan tahu seberapa besar kemampuan kita untuk hidup seperti Yesus.

“Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorang pun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku.” (Wahyu 3:8).

”Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan. Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.” (2 Korintus 3:17-18).

Roh Kudus berperan sebagai Penolong untuk bumi ini penuh kemuliaan-Nya dan untuk hidup kita dapat menyelesaikan rencana Bapa.

”Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.” (Yohanes 14:16-17).

Kerinduan Tuhan agar kita senantiasa bersekutu dengan Roh Kudus agar kita mengalami realita kehadiran-Nya dan penyertaan-Nya yang sempurna.

Pada akhirnya kita akan senantiasa dipenuhi oleh Roh Kudus dan setiap orang yang berjalan dipimpin oleh Roh Kudus akan mengalami pertolongan dari Roh Kudus setiap saat.

”Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian.” (2 Korintus 13:14).

”Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh.” (Efesus 5:18).

Kita akan terus mengalami realita pertolongan dari Roh Kudus ketika kita terus membangun hidup yang senantiasa bersekutu dengan Roh Kudus sehingga kita senantiasa dipenuhi dengan Roh Kudus dan dipimpin oleh Roh Kudus.

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara senantiasa bersekutu dengan Roh Kudus sehingga selalu dipenuhi oleh Roh Kudus untuk mengalami pertolongan dari Roh Kudus.

Pembacaan Alkitab Setahun

Nehemia 1-3