JANGAN MALU MENDERITA SEBAGAI ORANG KRISTEN

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

1 PETRUS 4:12-16

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya, dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah 1 Petrus 4:16!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah yang akan dialami oleh setiap orang Kristen yang percaya kepada Yesus?
  2. Coba sebutkan empat sikap yang benar di dalam kita meresponi setiap penderitaan yang kita alami?
  3. Sebutkan janji-janji Allah bagi setiap orang Kristen yang meresponi penderitaan dengan benar?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Sebagai pengikut Kristus, Allah menganugerahkan kepada kita bukan hanya untuk percaya kepada Dia tetapi juga menderita untuk Kristus.

“Sebab kepada kamu dikaruniakan bukan saja untuk percaya kepada Kristus, melainkan juga untuk menderita untuk Dia.” (Filipi 1:29).

Tujuannya adalah supaya kita meneladani Yesus yang sudah menderita dan bahkan mati di kayu salib.

Selain itu penderitaan juga akan menunjukkan kemurnian dan kesungguhan hati kita di dalam mengikut Yesus.

Itulah sebabnya kita harus memiliki sikap yang benar dalam meresponi penderitaan dan juga mengerti apa yang Tuhan akan kerjakan melalui penderitaan yang kita alami.

”Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.” (Roma 8:17).

Sikap atau respon yang harus terbangun di dalam diri kita diantaranya adalah:

  1. Kita tidak boleh panik dan heran ketika kita mengalami pendertiaan karena hal tersebut merupakan anugerah dari Tuhan bagi kita. ”Saudara-saudara yang kekasih, janganlah kamu heran akan nyala api siksaan yang datang kepadamu sebagai ujian, seolah-olah ada sesuatu yang luar biasa terjadi atas kamu.” (1 Petrus 4:12). ”Rasul-rasul itu meninggalkan sidang Mahkamah Agama dengan gembira, karena mereka telah dianggap layak menderita penghinaan oleh karena Nama Yesus.” (Kisah Para Rasul 5:41).
  2. Kita harus meresponi penderitaan dengan sukacita karena kita akan mengalami kemuliaan Tuhan. ”Sebab aku yakin, bahwa penderitaan zaman sekarang ini tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita.” (Roma 8:18).
  3. Kita harus berbahagia ketika menderita karena kita akan menikmati Roh kemuliaan bekerja di dalam hidup kita. ”Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.” (Matius 5:10).
  4. Kita tidak perlu malu ketika menderita karena Kristus, tetapi tetap memuliakan Tuhan. ”Bersukacita dan bergembiralah, karena upahmu besar di sorga, sebab demikian juga telah dianiaya nabi-nabi yang sebelum kamu.” (Matius 5:12).

Dengan pemahaman yang benar mengenai sebuah penderitaan yang kita alami karena mengikut Yesus maka kita akan memiliki respon yang benar terhadap penderitaan sehingga kita berkemenangan dan mengalami kemuliaan Tuhan.

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana respon saudara dalam setiap penderitaan sehingga saudara tidak perlu malu dalam menghadapinya.

Pembacaan Alkitab Setahun

Ezra 8-10