KITA HARUS HIDUP MENURUT PERINTAH-NYA

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

2 YOHANES 1:4-9

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya, dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah 2 Yohanes 1:6!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Hal apakah yang harus kita lakukan agar tetap hidup di dalam kebenaran?
  2. Apakah perintah Tuhan kepada kita yang harus kita lakukan dan taati?
  3. Siapakah yang mengajarkan agar kita hidup senantiasa saling mengasihi?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Tuhan Yesus telah mengajarkan kepada murid-murid-Nya dan juga kepada kita tentang hukum yang terutama yaitu mengasihi Tuhan dan sesama dan hal tersebut merupakan perintah Tuhan yang utama bagi kita.

“Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?” Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” (Matius 22:36-39).

Itulah perintah Tuhan kepada kita agar kita mengasihi Dia dan memegang serta hidup menurut perintah-Nya. Bagi kita yang mengasihi Tuhan maka Yesus dan Bapa akan menyatakan diri-Nya kepada kita dan Roh Kudus akan memampukan kita untuk melakukannya.

”Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Aku pun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya.” (Yohanes 14:21).

”Jawab Yesus: “Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.” (Yohanes 14:23).

“Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya.” (Yohanes 14:15-16).

Oleh sebab itu dikatakan oleh Yohanes bahwa perintah-perintah Tuhan tidak berat karena Roh Kudus menolong kita dengan sempurna untuk mengasihi Tuhan dengan cara menuruti seluruh perintah-perintah Tuhan. Mulai dari memahami perintah Tuhan sampai taat untuk melakukan perintah-perintah Tuhan.

Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat, sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita.” (1 Yohanes 5:3-4).

Marilah kita hidup dengan menuruti perintah-perintah Tuhan dengan cara mengasihi Tuhan dan sesama kita dan alamilah seluruh pertolongan dari Roh Kudus dalam melakukannya sehingga kita berkemenangan dalam melakukan Firman Tuhan.

Diskusikanlah di dalam komunitas saudara bagaimana saudara senantiasa berkemenangan dalam melakukan perintah-peritah Tuhan.

Pembacaan Alkitab Setahun

Ezra 4-7