MENGALAHKAN DUNIA

Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

1 YOHANES 5:1-5

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya, dapat menangkap arti yang dikandungnya!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapa yang lahir dari Allah?
  2. Apakah saudara lahir dari Allah? Apa buktinya?
  3. Apa kemenangan yang mengalahkan dunia?
  4. Apakah semua yang lahir dari Allah mengalahkan dunia?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Firman Tuhan hari ini mengingatkan bahwa sebagai orang percaya kita memiliki suatu kemampuan yang diberikan Tuhan sejak kita dilahirkan sebagai anak-anakNya yaitu: kemampuan untuk mengalahkan dunia.

Mari kita renungkan kata “mengalahkan dunia” ini?

Dunia setidaknya bisa definisikan sebagai berbagai budaya atau pengaruh buruk sebagai akibat kejatuhan manusia dalam dosa ditambah tipu muslihat iblis yang menyertainya.

Firman Tuhan melalui Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Roma pernah mengingatkan untuk tidak menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubah oleh pembaharuan budi, sehingga kita dapat membedakan manakah kehendak Allah yang baik, yang berkenan dan yang sempurna.

Kita tahu bahwa pada masa itu, kota Roma adalah salah satu kota besar yang banyak dipengaruhi dengan berbagai ajaran dan dampak modernisasi dari kemajuan pengetahuan.

Orang dengan berbagai budaya bertemu di kota ini sehingga memberikan pengaruh yang kuat terhadap pergerakan Injil Kerajaan Allah.

Murid-murid Kristus tentu banyak dipengaruhi oleh ajaran-ajaran yang bertentangan dengan kebenaran serta gaya hidup yang buruk bagi kehidupan rohani.

Dunia saat ini tentu berbeda dengan dunia pada masa kisah para rasul, namun tipu daya iblis melalui segala yang ada di dunia ini tidaklah berubah.

Dunia menginginkan murid-murid Kristus berubah menjadi sama dengan dunia tanpa terasa.

Dunia pada masa kini menghadapi tantangan yang semakin berat dengan hadirnya internet yang memberikan pengaruh lebih luas jangkauannya kepada banyak orang.

Ada dua kata yang harus kita perhatikan dalam perikop yang kita baca hari ini untuk kita bisa mengalahkan dunia  yaitu: perintahNya dan iman kita.

Saat ini, kita sedang berperang dan Yesuslah panglima perang kita, kita harus perhatikan apa perintah yang diberikanNya setiap saat sehingga kita bisa mengambil keputusan dan bergerak sesuai dengan kerinduanNya.

Iman dibutuhkan agar kita bertindak dengan penuh keyakinan karena janji dan firmanNya tidak pernah gagal.

Bagaimana dengan Saudara saat ini? Mari kita introspeksi bersama dan pastikan bahwa kita tidak sedang berubah menjadi sama dengan dunia ini.

Mari kita pastikan bahwa kita sedang melakukan perintah-perintahNya, karena perintahNya tidak berat.

Apa saja perintahNya? Salah satunya adalah jadikan semua bangsa murid-muridKu.

Kita juga  punya iman yang mengalahkan dunia yaitu iman dari Firman Tuhan yang kita baca dan renungkan setiap hari.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk Saudara lakukan? diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.

Pembacaan Alkitab Setahun

1 Tawarikh 22-24