RUMAH TUHAN YANG BERDIRI TEGAK

Penulis : Pramadya Wisnu

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

YESAYA 2:1-5

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya, dapat menangkap arti yang dikandungnya!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Kapan akan terjadi, gunung tempat rumah Tuhan akan berdiri?
  2. Dari mana Firman Tuhan akan keluar?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Akhir jaman adalah tema yang menarik banyak orang untuk ingin mengetahui.

Dan di Alkitab kita bisa membaca kisah penciptaan hingga bagaimana dunia ini akan berakhir.

Yang tidak tepat adalah ketika ada orang atau sekelompok orang yang kemudian membuat ramalan tentang kapan akhir jaman itu tiba.

Dan sejarah telah membuktikan bahwa dari masa ke masa, cerita tentang hal ini berulang kali terjadi.

Misalnya di tahun 80-an banyak yang meramalkan bahwa akhir jaman akan terjadi sebelum milenial ke dua, atau sebelum tahun 2000.

Alkitab dengan jelas menulis, Matius 24:36 ”Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri.”

Jika kita membaca di ayat sebelumnya, jelas bahwa konteks ayat tersebut adalah tentang akhir jaman atau tentang kedatangan Yesus yang kedua kali.

Tetapi kalau dikatakan bahwa kita tinggal di masa akhir jaman, sebenarnya tidak salah juga, karena berbagai nubuat akhir jaman, misalnya tentang apa yang dinubuatkan oleh nabi Yoel itu diyakini sudah atau sedang terjadi.

Yoel 2:28  “Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.”

Hanya saja kita tidak pernah tahu, berapa lama masa akhir jaman ini akan berlangsung.

Dalam puluhan tahun, ratusan tahun atau ribuan tahun yang akan datang.

Karena tentang masa itu…hanya Bapa yang tahu, Anak pun tidak.

Jadi kita tidak usah merasa lebih pintar dari Anak Allah, sehingga bisa meramalkan akhir dunia.

Sejak masa kebangunan rohani di Eropa pada abad ke XVII, kebangunan rohani di Amerika Serikat, di Asia, Amerika Selatan hingga Afrika.

Kita melihat bagaimana Roh Kudus bekerja dengan luar biasa, mujizat kesembuhan, kebangkitan orang mati dan berbagai tanda dan mujizat telah Roh Kudus nyatakan.

Dan bukan hanya hal yang terlihat secara fisik, tetapi banyak pengajaran baru yang kemudian seperti mengubah cara dan perilaku orang dalam beribadah.

Yesaya 2:3 ”….sebab dari Sion akan keluar pengajaran dan firman TUHAN dari Yerusalem.”

Akan ada dan sudah atau sedang terjadi pengajaran baru yang keluar dari Sion.

Sion dalam hal ini adalah Sion secara rohani, yaitu gambaran Gereja Tuhan yang dewasa, yang oleh Roh Kudus dipakai untuk mengajarkan hal-hal yang baru.

Ciri dari pengajaran yang benar, pengajaran tersebut muncul dari “gunung tempat rumah TUHAN akan berdiri tegak di hulu gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit.” (Yesaya 2:2).

Tuhan akan memakai Gereja-Nya, ini tidak menunjuk pada satu denominasi mana pun, yang ketika itu ada, dan memberikan pengajaran yang baru.

Pengajaran ini membawa sukacita dan damai sejahtera bagi umat-Nya.

Saudara, “Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya.”  Mari kita semua berjaga-jaga selalu.

Pembacaan Alkitab Setahun

1 Tawarikh 12-14