MENYERAHKAN ANGGOTA TUBUH MENJADI HAMBA KEBENARAN

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

ROMA 6:16-21

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya, dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Roma 6:19!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Menjadi hamba siapakah kita setelah menjadi orang-orang yang percaya?
  2. Apakah yang kita perbuat setelah menjadikan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Raja kita?
  3. Karena sekarang kita adalah hamba kebenaran maka kepada siapakah anggota tubuh kita dipersembahkan?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Ketika kita percaya kepada Tuhan dan menjadikan Yesus sebagai Tuhan dan Raja, maka kita menjadi hamba kebenaran, karena Yesus adalah kebenaran dan hidup dan kita tidak dikuasai oleh dosa lagi.

Tetapi syukurlah kepada Allah! Dahulu memang kamu hamba dosa, tetapi sekarang kamu dengan segenap hati telah mentaati pengajaran yang telah diteruskan kepadamu. Kamu telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran.” (Roma 6:17-18).

”Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” (Yohanes 14:6).

Karena kita adalah hamba kebenaran maka kita harus menyerahkan seluruh anggota tubuh kita kepada Tuhan dan bukan untuk kesenangan dosa.

”Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran.” (Roma 6:13).

”Aku mengatakan hal ini secara manusia karena kelemahan kamu. Sebab sama seperti kamu telah menyerahkan anggota-anggota tubuhmu menjadi hamba kecemaran dan kedurhakaan yang membawa kamu kepada kedurhakaan, demikian hal kamu sekarang harus menyerahkan anggota-anggota tubuhmu menjadi hamba kebenaran yang membawa kamu kepada pengudusan.” (Roma 6:19).

Kita bukan hanya menyerahkan anggota tubuh kita menjadi hamba kebenaran tetapi mempersembahkan tubuh kita kepada Tuhan setiap hari agar dipakai untuk memuliakan Tuhan bahkan menghancurkan pekerjaan si jahat yang menipu banyak orang untuk mengenal Tuhan.

”Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.” (Roma 12:1).

Pada akhirnya kita akan masuk dalam pengudusan hidup yang membuat kita menikmati hidup yang kekal dan hidup seperti Yesus Kristus yang senantiasa berkemenangan atas dosa dan kuasa si jahat.

”Tetapi sekarang, setelah kamu dimerdekakan dari dosa dan setelah kamu menjadi hamba Allah, kamu beroleh buah yang membawa kamu kepada pengudusan dan sebagai kesudahannya ialah hidup yang kekal.” (Roma 6:22).

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara dapat menyerahkan anggota tubuh saudara sebagai hamba kebenaran dan selalu berkemenangan.

Pembacaan Alkitab Setahun

2 Raja-raja 4-5