TANDA MENGASIHI ANAK ALLAH

Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

1 YOHANES 5:1-5

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapa yang lahir dari Allah?
  2. Apakah saudara lahir dari Allah? Apa buktinya?
  3. Apakah tandanya kita mengasihi anak-anak Allah?
  4. Apakah semua yang lahir dari Allah mengalahkan dunia?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Perikop yang kita baca hari ini mengingatkan kita untuk mengasihi Dia yang lahir daripadaNya dan juga mengasihi anak-anak Allah.

Ada suatu tanda yang diberikan sebagai bukti bahwa kita mengasihi anak-anak Allah yaitu bahwa kita mengasihi Allah dan melakukan perintahNya.

Kedua hal ini dilakukan bersamaan seperti yang ditulis dalam ayat 3: “Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintahNya. Perintah-perintahNya itu tidak berat”.

Jadi kesimpulannya adalah mengasihi Allah dan mengasihi anak-anakNya adalah dua hal yang harus dilakukan untuk membuktikan kasih kita.

Lalu bagaimana cara kita mengasihi? Dengan menuruti perintahNya!

Apakah perintah-perintahNya berat? tentu tidak, karena seperti yang tertulis bahwa semua yang lahir dari Allah mengalahkan dunia dengan Iman.

Yesus telah memberi teladan bagaimana Dia mengasihi kita yaitu dengan mentaati apa yang dikehendaki Bapa, Yesus telah membuktikan bahwa Dia berhasil menyelesaikan perintah Bapa hingga di kayu salib.

Tentunya banyak hal yang harus dialami oleh Yesus diantarnya adalah penolakan, penghujatan, penganiayaan dan penderitaan yang dilakukan justru oleh manusia yang dikasihiNya.

Manusia berdosa memang tidak mengenal kasih Allah hingga Yesus berhasil menebus kita semua dengan darahNya.

Hari ini mata kita terbuka akan kasih Allah karena Roh Kudus yang menolong kita, tanpa Sang Penolong kita sejatinya tidak akan dapat mengasihi seperti Allah mengasihi.

Bagaimana mungkin mengasihi orang yang mengecewakan kita, menolak kita, mungkin juga mencelakai kita tanpa Roh Kudus?

Saudara, perintah-perintahNya tidak berat karena kita punya iman yang mengalahkan dunia dan Yesus telah menjadi teladan bagi kita.

Firman Tuhan mengingatkan kepada kita untuk mengasihi saudara yang lain apapun kondisinya bahkan mungkin mengecewakan kita.

Yesus juga mengasihi kita ketika kita manusia berdosa dan menyakiti hatiNya.

Dia menerima kelemahan kita dan hingga saat ini masih sabar memproses hidup kita untuk berubah menjadi serupa dengan Dia.

Jadi, mari kita tanya kepada diri sendiri, apakah kita telah mengasihi anak-anak Allah dan apa buktinya?

Mari kita direnungkan.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk Saudara lakukan? Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.

Pembacaan Alkitab Setahun

2 Samuel 16-18