SALING MENGASIHI SAMA SEPERTI YESUS MENGASIHI

Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

YOHANES 13:31-35

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang dikatakan Yesus tentang kebersamaanya bersama murid-muridNya?
  2. Apa perintah baru yang diberikan Yesus sesuai dengan perikop yang kita baca hari ini?
  3. Seperti apa kita harus saling mengasihi?
  4. Apa yang menyebabkan semua orang tahu bahwa kita adalah murid-muridNya?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Kita harus saling mengasihi sama seperti Yesus mengasihi kita, yang menjadi pertanyaan adalah seperti apa Yesus telah mengasihi kita?

Mari kita renungkan bersama seperti apa Dia mengasihi kita, setidaknya ada dua hal yang secara umum kita orang percaya mengalaminya.

Pertama, Yesus mengasihi kita dengan merendahkan dirinya menjadi sama seperti manusia bahkan menjadi hamba ketika datang ke dunia ini untuk mengajar dan mempersiapkan murid-muridNya.  

Kedua, Yesus mengasihi kita dengan mentaati apa yang menjadi kehendak Bapa yaitu mati diatas kayu salib dengan segala penderitaan yang menyertainya untuk menebus kita dari dosa.

Dua hal ini cukup membuat suatu perubahan dalam kehidupan terutama dalam pola pikir kita tentang kasih Allah.

Sejak menerima Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat dalam kehidupan tentunya kita telah mengalami SEMAKIN banyak limpahan kasihNya.

Setiap kita memiliki pengalaman pribadi yang berbeda dalam menerima kasihnya dan itulah yang membentuk hati dan pikiran kita tentang kasih Tuhan sepanjang kehidupan kita setelah pertobatan.

Saudara, sesuai Firman Tuhan hari ini, Tuhan ingin agar seluruh anugerah dan kasih karuniaNya yang dilimpahkan kepada kita disalurkan kepada semua orang terutama saudara yang lain dalam keluarga Allah.

Kasih Allah yang unik kepada setiap pribadi seharusnya dapat dinikmati oleh semua anak-anakNya, sehingga tidak ada yang kekurangan kasih di tengah kita.

Ada saudara yang membutuhkan kasih Allah ketika dalam masalah keluarga, ada saudara yang lain membutuhkan kasih Allah karena divonis sakit berat oleh dokter, ada saudara lain yang membutuhkan kasih Allah karena terjerat masalah ekonomi sehingga depresi.

Mereka semua membutuhkan kasih Allah yang telah dialirkan dalam kehidupan kita.

Kasih Allah tidak hanya didapat secara pribadi dalam pergumulan kita dengan Tuhan, tetapi juga diperlukan kasih Allah yang mengalir dari saudara-saudara yang lain.

Kita tidak hanya diperintahkan untuk mengasihi Tuhan dengan segenap hati dan jiwa kita, tetapi kita juga diperintahkan untuk mengasihi sesama atau saudara kita.

Untuk dapat bertumbuh dewasa secara rohani kita perlu mengaktifkan kedua kasih ini dalam kehidupan kita secara konsisten.

Bila saat ini saudara telah mengasihi Tuhan dengan segenap hati dan jiwa marilah kita juga mengasihi saudara-saudara lain yang saat ini membutuhkan kasih Tuhan melalui hidup kita.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk Saudara lakukan? Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.

Pembacaan Alkitab Setahun

2 Samuel 8-12