UMAT YANG DIBEDAKAN DARI SEGALA BANGSA

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

KELUARAN 33:15-19

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Keluaran 33:16!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapakah yang membimbing bangsa Israel sehingga bangsa Israel dibedakan dari segala bangsa yang ada di muka bumi ini?
  2. Coba sebutkan hal-hal yang dialami oleh Musa dan bangsa Israel sebagai bukti bahwa mereka dibimbing oleh Tuhan?
  3. Dari semua hal bimbingan Tuhan kepada bangsa Israel, hal apakah yang sangat dirindukan oleh Musa?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Tuhan menjadikan bagsa Israel dibedakan dari segala bangsa yang ada di muka bumi.

Dan mereka mengalami perlakuan yang spesial dari Allah dengan cara dibimbing oleh Tuhan, mereka mengalami ketentraman dari Tuhan, Tuhan berjalan bersama-sama dengan mereka, mereka melihat kemuliaan Tuhan, bahkan Musa dapat melihat Tuhan walaupun sangat sulit sebenarnya bagi Musa untuk melihat Tuhan namun Tuhan menyatakan kemuliaan-Nya kepada Musa.

Namun hal yang paling utama mengapa mereka dibedakan dari segala di muka bumi adalah:

  1. Bangsa Israel dipilih dan dimiliki Allah yang adalah Tuhan. ”Berbahagialah bangsa, yang Allahnya ialah TUHAN, suku bangsa yang dipilih-Nya menjadi milik-Nya sendiri!” (Mazmur 33:12);
  2. Bangsa Israel memiliki Allah yang adalah Tuhan yang penuh otoritas, kuasa, kedaulatan atas segalanya. ”Berbahagialah engkau, hai Israel; siapakah yang sama dengan engkau? Suatu bangsa yang diselamatkan oleh TUHAN, perisai pertolongan dan pedang kejayaanmu. Sebab itu musuhmu akan tunduk menjilat kepadamu, dan engkau akan berjejak di bukit-bukit mereka.” (Ulangan 33:29);

Demikian juga dengan kita yang percaya kepada Tuhan Yesus maka kita juga dibedakan dari bangsa-bangsa lain yang tidak mengenal Tuhan.

Hal itu terjadi karena Tuhan tinggal di dalam batin kita dan kita dimiliki oleh Roh Kudus.

”Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, — dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!” (I Korintus 6:19-20).

Karena Roh Allah tinggal di dalam kita maka Allah akan menyatakan kehadiran-Nya dalam kehidupan kita.

Dan kehidupan kita merepresentasikan kedaulatan, kemuliaan dan otoritas-Nya.

”Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib.”  (I Petrus 2:9).

Agar kita mengalami realita kehadiran-Nya dan penyertaan-Nya yang sempurna, maka kita harus dipimpin oleh Roh Kudus dengan cara mendengar suara-Nya dan taat sepenuhnya terhadap tuntunan Tuhan sehingga Tuhan membuat kita berbeda dari bangsa-bangsa yang lain bahkan bangsa-bangsa yang lain akan datang melihat Tuhan dalam kehidupan kita.

Diskusikanlah di dalam komunitas saudara perbedaan apa yang Tuhan lakukan di dalam kehidupan saudara yang berbeda dari orang-orang yang tidak mengenal Tuhan.

Pembacaan Alkitab Setahun

Hakim-hakim 10-12