KUDUS DAN TAK BERCACAT DIHADAPAN-NYA

Penulis : Pdt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

EFESUS 1:3-5

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Mengapa Allah di puji?
  2. Apa yang telah dikaruniakan kepada Jemaat-Nya?
  3. Allah telah memilih kita di dalam siapa?
  4. Apa tujuan Allah memilih kita?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, Rasul Paulus menulis dalam suratnya kepada jemaat di Efesus:

Efesus 1:13-14 ”Di dalam Dia kamu juga–karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu–di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu. Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.”

Dari ayat-ayat firman Tuhan ini, kita belajar bagaimana Tuhan Allah menganugerahkan Roh Kudus kepada mereka yang mendengar Injil keselamatan dan percaya kepada Firman itu, sehingga orang percaya itu menjadi Bait Allah.

Tuhan Allah telah memilih kita sejak dunia belum diciptakan.

Dalam Yesus Kristus pilihan itu telah ditentukan dan ditetapkan.

Yohanes 3:16-17 ”Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.”

Tuhan Allah mengutus Anak-Nya, Yesus, untuk menganugerahkan keselamatan kepada orang percaya dan menjadikan mereka kudus serta tidak bercacat di hadapan-Nya, sesuai dengan kerinduan Allah sejak dunia belum dijadikan.

2 Korintus 7:1 ”Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah.”

Tuhan Allah, di dalam Kristus, telah merencanakan agar melalui karya Kristus, Allah mendapatkan jemaat yang hidup kudus dan tidak bercacat di hadapan-Nya.

Efesus 5:25-27 ”Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman, supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela.”

Rasul Petrus menuliskan kepada jemaat di Asia Kecil, Pontus, Bitinia, Kapadokia, dan Galatia:

1 Petrus 1:13-16 ”Sebab itu siapkanlah akal budimu, waspadalah dan letakkanlah pengharapanmu seluruhnya atas kasih karunia yang dianugerahkan kepadamu pada waktu penyataan Yesus Kristus. Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu, tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu, sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.”

Tuhan Allah menghendaki agar standar kekudusan kita adalah kekudusan Allah Bapa kita dan Yesus Kristus Tuhan kita. Halleluya, puji Tuhan, Amin!

Apa yang menyebabkan kita hidup kudus?

Pembacaan Alkitab Setahun

Yosua 5-8