JEMAAT YANG TUNDUK KEPADA KRISTUS

Penulis : Bernard Tagor

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

EFESUS 5:22-25

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Kepada siapa istri harus tunduk?
  2. Siapakah yang di maksud kepala jemaat?
  3. Kepada siapa suami harus mengasihi?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Ayat Firman Tuhan hari ini yang kita baca mengatakan bahwa “Hai istri, tunduklah kepada suamimu sama seperti kepada Tuhan, karena suami adalah kepala istri”.

Namun kenyataan dalam realita sehari-hari kita sering melihat dan mendengar kebalikannya, yaitu suami yang tunduk kepada istri.

Apa penyebabnya? Banyak hal, salah satunya bahwa istri tidak memahami betul kebenaran firman Tuhan tentang posisi suami didalam rumah tangganya, yaitu sebagai kepala keluarga.

Mungkin orang bertanya, enak dong suami bahwa istri yang harus tunduk kepada suami? Ternyata di ayat 25, dikatakan bahwa “Hai suami, kasihilah istrimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diriNya baginya (istri)”.

Ayat ini menegaskan bahwa suami berkewajiban penuh mengasihi istri sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi istrinya mengasihi dirinya sendiri.

Sebab tidak pernah orang membeci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya -Kolose 5:28b-29a.

Namun dalam beberapa kasus banyak kita dengar adanya KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) yang terjadi di sekitar kita, bagaimana istri di perlakukan kasar oleh suaminya, baik itu secara fisik maupun secara verbal.

Apa penyebabnya? Tentu penyebabnya banyak hal, salah satunya karena suami tidak memahami betul tanggung jawab atau kewajiban kepada istrinya dalam keluarga yaitu sebagai orang yang harus dikasihinya.

Ayat-ayat diatas, mengambarkan tentang kehidupan dan hubungan antara suami dan istri di dalam keluarga.

Hal tersebut juga menggambarkan tentang kehidupan dan hubungan antara Kristus dan jemaat.

Jadi jemaat harus tunduk kepada Kristus terlebih dahulu maka akan akan berdampak kepada hubungan antar suami dan istri yang saling mengasihi satu dengan yang lain.

Dan sebaliknya jika jemaat tidak tunduk kepada Kristus, maka akan berdampak disharmonisasi dalam hubungan suami – istri dalam keluarga.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan yang kita baca hari ini. Pelajaran apa yang kita dapatkan dan komitmen apa yang akan kita lakukan di waktu dekat ini? Diskusikan dengan kelompok PA dan persekutuan.

Pembacaan Alkitab Setahun

Ulangan 32-34