TANDA DAN MUJIZAT YANG MENYERTAI

Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

KISAH PARA RASUL 5:12-16

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapakah yang mengadakan banyak tanda dan mujizat diantara orang banyak?
  2. Siapa yang dihormati oleh orang banyak sesuai perikop yang kita baca hari ini?
  3. Apakah semakin lama semakin sedikit jumlah orang yang percaya kepada Tuhan?
  4. Apakah semua orang sakit yang datang dari kota-kota sekitar Yerusalem berhasil disembuhkan?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, melanjutkan renungan firman Tuhan kemarin, setelah perintah dari kepala dapat dijalankan dengan baik oleh tubuh maka hasilnya adalah suatu gerakan yang sinkron dan bermanfaat.

Tanda dan mujizat menyertai rasul-rasul pada masa itu karena salah satunya adalah mereka langsung merespon perintah Kristus sebagai kepala.

Para rasul begitu mudahnya mendemonstrasikan tanda dan mujizat, bahkan bayangan Petrus yang lewat dapat menyembuhkan orang-orang sakit yang dibaringkan.

Hal lain yang terjadi ketika tubuh Kristus berfungsi dengan benar seperti tercatat dalam perikop hari ini adalah bertambah jumlah orang-orang yang percaya kepada Tuhan.

Kualitas tubuh Kristus yang baik dan sehat selalu menghasilkan kuantitas jumlah orang-orang percaya yang diselamatkan.

Kualitas yang sehat dari tubuh Kristus memungkinkan mujizat dan tanda-tanda ajaib mengalir begitu sempurna karena memang itu yang dikehendaki oleh Kristus sebagai kepala.

Bila secara kuantitas jumlah orang percaya tidak bertambah sudah pasti ada yang perlu diperbaiki dalam komunitas tubuh Kristus.

Tanda dan mujizat itu datang dari kepala yaitu Kristus dan untuk kemuliaan Kristus, sejatinya Kristus yang terlebih rindu mujizat dan tanda ajaib itu penyertai pelayanan gereja sebagai tubuhNya.

Tubuh tidak bisa memerintah kepala untuk membuat mujizat, tubuh sejatinya tidak punya kemampuan untuk melakukan mujizat tanpa arahan dan kehendak dari kepala, namun kepala perlu tubuh agar dapat mengeksekusi perintahNya.

Ketika Yesus menyembuhkan orang sakit, perkataan yang diucapkan tidak pernah panjang-panjang dan bertele-tele dan orang sakit sembuh, yang buta melihat dan yang lumpuh berjalan, sesederhana itu.

Mengapa mujizat dan tanda ajaib tidak terjadi dalam hidup kita, mari kita terus terhubung dengan Kristus dan mengevaluasi seluruh aktivitas kita, jangan puas dan nyaman dengan kondisi yang tidak normal sebagai anak-anak Allah yang telah diberi kuasa.

Pada masa itu kesembuhan dari sakit penyakit terjadi pada orang-orang yang belum percaya yang datang dari berbagai daerah di sekitar kota Yerusalem, tidak tercatat murid-murid Kristus yang sakit-sakitan.

Bila pokok doa kita dipenuhi dengan kebutuhan anak-anak Tuhan yang sering jatuh sakit maka ada hal yang harus kita perbaiki bersama.

Pada kisah para rasul orang-orang sakit yang belum percayalah yang perlu didoakan agar mereka mengalami mujizat dan tanda ajaib sehingga percaya kepada Kristus.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk Saudara lakukan? Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.

Pembacaan Alkitab Setahun

Ulangan 30-31