ANGGOTA TUBUH KRISTUS YANG BERPERAN SESUAI FUNGSI

Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

1 KORINTUS 12:18-23

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah setiap orang percaya pasti punya fungsi khusus dan ditempatkan khusus di dalam tubuh Kristus?
  2. Siapakah yang menempatkan kita secara khusus sebagai anggota tubuh Kristus?
  3. Apakah saudara tahu dimana fungsi saudara dalam tubuh Kristus?
  4. Bila Saudara tidak tahu, segeralah minta pertolongan pembimbing rohani atau pemimpin untuk membantu saudara menemukan fungsi saudara dalam tubuh Kristus?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Firman Tuhan hari ini setidaknya mengingatkan kepada kita  3 hal, yang pertama adalah bahwa semua orang percaya seharusnya berada pada tempat yang sudah Tuhan tetapkan untuk berfungsi dalam tubuh Kristus.

Kedua, semua kita bisa memiliki fungsi yang berbeda dengan segala keahlian masing-masing dan tidak perlu kita menjadi sama atau berdebat karena perbedaan fungsi.

Ketiga, tidak ada fungsi yang tidak terhormat, sama seperti tubuh manusia semua fungsi adalah mulia dan terhormat dan Allah memberi penghormatan secara khusus sesuai fungsi tersebut.

Bila saudara sudah lama menjadi orang percaya dan tidak mengetahui dimana posisi saudara maka hal itu adalah sesuatu yang tidak wajar.

Tidak ada bagian tubuh manusia hanya sebagai pajangan atau penonton, semua berfungsi meskipun memiliki cara kerja yang berbeda.

Tidak ada jemaat yang hanya mendengar kotbah pada hari minggu atau persekutuan namun tidak berfungsi apapun dalam tubuh Kristus dapat mengalami pertumbuhan rohani dengan wajar, ini adalah ketetapan firman Tuhan bukan manusia.

Hal kedua yang mari kita sadari bersama adalah bahwa kita tidak harus memiliki fungsi yang sama dengan saudara yang lainnya.

Kita tidak perlu minder dengan fungsi kita bila fungsi kita tidak terlihat atau kita tidak perlu menjadi sombong dan bangga karena fungsi kita dilihat banyak orang sehingga terlihat sebagai seorang yang aktif melayani.

Tujuan kita adalah berfungsi dengan semakin baik dan kuat untuk dapat diarahkan kepala yaitu Kristus sesuai posisi kita, seperti fungsi tangan yang mula-mula hanya bisa mengangkat benda ringan ketika masih anak-anak  dan menjadi semakin kuat ketika kita dewasa.

Mari kita simpulkan lagi apa yang harus kita lakukan setelah membaca renungan hari ini, pertama pastikan kita tahu karunia dan talenta yang Tuhan percayakan kepada kita sehingga kita memahami fungsi kita masing-masing dalam tubuh Kristus.

Kedua pastikan kita sedang berfungsi melayani tubuh Kristus, tidak harus dalam jemaat lokal tetapi mungkin juga tubuh Kristus secara global, karena dengan melayani kita bertumbuh dengan wajar.

Ketiga, mari kita semakin terampil atau mahir dan kuat dalam posisi yang Tuhan percayakan, sehingga semakin menjadi berkat dan berbuah bagi Kerajaan Allah.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk Saudara lakukan? Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.

Pembacaan Alkitab Setahun

Ulangan 28-29