MEMEGANG PERINTAHNYA DAN MELAKUKAN

Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

YOHANES 14:15-21

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah tanda bahwa kita  mengasihi Tuhan?
  2. Siapakah yang Bapa berikan kepada kita untuk menolong agar kita dapat menuruti segala perintahNya?
  3. Siapakah yang akan diam di dalam hidup kita?
  4. Apa jadinya ketika kita mengasihi Tuhan?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Tangan sebagai bagian dari tubuh tidak hanya harus sehat tetapi juga harus bergerak sesuai perintah yang datang dari kepala.

Suatu tubuh yang sehat berfungsi dengan sempurna menjalankan perintah dari kepala untuk melakukan aktivitas sehari-hari, ketika ada bagian tubuh yang tidak mengikuti perintah kepala maka dapat dikatakan terjadi kelumpuhan pada anggota tersebut.

Kelumpuhan jangka panjang akan mengakibatkan menyusutnya seluruh organ tersebut dan hanya bisa menjadi beban.

Mengasihi Tuhan dimanifestasikan dengan memegang dan melakukan bukan hanya sebagian perintahNya tetapi seluruh perintahNya.

Kesempurnaan membutuhkan totalitas bukan setengah-setengah, di dalam mekanisme pergerakan anggota tubuh tidak ada istilah setengah dilakukan setengahnya lagi tidak, atau hanya sebagian perintah dilakukan.

Saudara, Tuhan tahu apa yang bisa kita lakukan dan yang tidak bisa kita lakukan, seluruh perintahNya tentu adalah hal yang bisa kita lakukan.

Tuhan sudah memikirkan jauh sebelum kita menyadari hal tersebut, kita tidak perlu barargumen terlalu banyak karena perintahNya berat, pertanyaannya adalah maukah kita melakukan atau tidak segala perintahNya.

Tuhan melatih kita sejak kita bertobat untuk mulai melakukan perintahNya dari hal-hal sederhana dengan kekuatan Roh Kudus yang ada didalam hidup anak-anakNya.

Kita diajar melalui pimpinan Roh Kudus ketika saat teduh dan bertekun dalam kelompok pemuridan, ada pembimbing rohani dan juga para pemimpin yang menolong dan menaungi kita sehingga kita dapat bertumbuh semakin kuat di dalam memegang dan melakukan perintahNya.

Hari-hari ini tantangan kita adalah bagaimana memastikan kita mendengar perintahNya dengan jelas dan dalam segala kondisi kita dapat melakukannya.

Dunia saat ini menghendaki agar semua orang menjadi serupa dengannya, keingingan mata, keinginan daging dan keangkuhan hidup begitu mendominasi, padahal firman Tuhan mengatakan dengan jelas “Janganlah menjadi serupa dengan dunia ini“.

Kita membutuhkan suatu komunitas agar bisa saling menguatkan, komunitas tubuh Kristus adalah tempat yang tepat untuk kita bertumbuh belajar melakukan perintahNya.

Mari kita tetap berada dalam komunitas persekutuan dan pemuridan agar konsisten dapat memegang dan melakukan perintahNya.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk Saudara lakukan? Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.

Pembacaan Alkitab Setahun

Ulangan 24-27