DIBAPTIS MENJADI SATU TUBUH

Penulis : Pramadya Wisnu

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

1 KORINTUS 12:12-14

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Kita umat percaya diibaratkan apakah dalam tubuh Kristus?
  2. Di dalam Kristus apakah ada perbedaan orang berdasarkan suku bangsa dan ras?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

1 Korintus 12:13 ”Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh.”

Yesus mati bukan untuk orang Yahudi saja. Injil keselamatan diberitakan bagi semua orang dari berbagai bangsa.

Dan ketika seseorang menjadi percaya dan dibaptis, maka mereka akan berada dalam Jemaat Kristus atau Gereja yang universal.

Alkitab menyatakan bahwa kita menjadi bagian dari Tubuh Kristus.

Gereja lokal pertama yang dicatat dalam Alkitab adalah gereja di Yerusalem.

Kitab Kisah Para Rasul mencatat bahwa jemaat yang menjadi orang percaya setelah hari Pentakosta, mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan.

Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa -Kisah Para Rasul 2:42.

Ini adalah contoh dari gereja lokal pada masa jemaat yang mula-mula.

Oleh pemberitaan Injil yang dilakukan oleh para rasul, banyak orang percaya dan dibaptis di dunia yang dikenal pada masa tersebut.

Selain di wilayah Asia, juga Etiopia di Afrika, Makedonia di Eropa.

Saat ini Injil telah diberitakan ke seluruh bangsa di dunia, tetapi tetap masih ada suku-suku bangsa yang jumlah orang percaya masih sangat kecil, bahkan nihil.

Mereka ini lah yang disebut sebagai Suku Terabaikan atau STA. Sedangkan definisi resmi Suku Terabaikan adalah suku di mana jumlah orang percaya atau jemaat-jemaat belum mampu untuk menjangkau sukunya sendiri.

Jadi sekali lagi, siapa pun orang menerima Kristus dan dibaptis mereka adalah anggota dari Tubuh Kristus yang keanggotaannya dicatat bukan dibumi, tetapi dicatat dalam Kitab Kehidupan.

Memahami bahwa kita adalah bagian dari anggota tubuh Kristus yang ada di dunia, maka perlu sekali kita untuk saling menghormati, tidak menganggap bahwa gereja lokal dimana kita berada adalah yang terbaik atau ter… yang lainnya.

Kenyataannya kita saling membutuhkan satu dengan yang lain.

Sama seperti tangan membutuhkan mata untuk melihat, maka kita membutuhkan orang lain untuk mengerjakan hal yang tidak mampu kita lakukan seorang diri.

Gereja lokal juga saling membutuhkan untuk bersama-sama mengerjakan Amanat Agung Kristus.

Saudara, dalam kelompok pemuridan diskusikan bagaimana pengalamanmu dalam berinteraksi dengan anggota Tubuh Kristus di luar gereja lokal dimana engkau berada saat ini.

Pembacaan Alkitab Setahun

Ulangan 14-16