RANCANGAN ILAHI

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

YEREMIA 29:11-14

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Yeremia 29:11!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapakah yang mengetahui rancangan Ilahi seluruh kehidupan kita?
  2. Seperti apakah rancangan Ilahi yang Tuhann sudah rancangkan dalam kehidupan kita?
  3. Bagaimanakah caranya agar kita dapat mengetahui rancangan Ilahi tersebut serta dapat kita wujudkan?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Allah memiliki rancangan Ilahi untuk kehidupan setiap umat Tuhan dan rancangan tersebut adalah rancangan damai sejahtera, bukan rancangan kecelakaan untuk memberikan kepada kita hari depan yang penuh harapan.

Rancangan itu dimulai di dalam dan melalui Yesus Kristus.

Itulah sebabnya kita harus memulainya serta membangunnya di dalam Yesus.

”Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya. Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya; sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya.” (Efesus 1:4-5,7).

”Aku katakan “di dalam Kristus”, karena di dalam Dialah kami mendapat bagian yang dijanjikan — kami yang dari semula ditentukan untuk menerima bagian itu sesuai dengan maksud Allah, yang di dalam segala sesuatu bekerja menurut keputusan kehendak-Nya.” (Efesus 1:11).

Bukan hanya sebelum dunia ada Tuhan sudah menetapkan rancangan Ilahi buat kehidupan kita tetapi juga ketika kita di dalam kandungan ibu kita.

”Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku.

Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat,

dan jiwaku benar-benar menyadarinya.” (Mazmur 139:13-14).

”Mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satu pun dari padanya.” (Mazmur 139:16).

Oleh sebab itu, untuk memahami rancangan Ilahi tersebut serta mewujudkannya maka kita perlu berdoa dan bertanya kepada Tuhan agar kita berjalan dalam tuntunan Tuhan dan tidak salah melangkah untuk mewujudkan rancangan Ilahi yang Tuhan berikan sehingga hari-hari yang telah ditetapkan Tuhan dapat kita jalani dengan cara-cara Tuhan.

Melalui perenungan Firman Tuhan dan doa dalam keintiman dengan Bapa maka kita dapat memahami dan mewujudkan rancangan Ilahi dari Bapa.

”Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu; apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati.” (Yeremia 29:12-13).

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara dapat memahami rancangan Ilahi yang Tuhan berikan dan mewujudkannya.

Pembacaan Alkitab Setahun

Bilangan 33-34