MEMANIFESTASIKAN KEHENDAK TUHAN DI BUMI

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

MATIUS 6:9-13

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Matius 6:10!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Dalam Doa Bapa Kami apakah yang ingin Bapa datangkan ke bumi ini?
  2. Jika Kerajaan Allah datang ke bumi maka kehendak siapakah yang harus jadi di muka bumi?
  3. Coba sebutkan hal-hal yang akan kita alami untuk kehendak Allah dimanifestasikan melalui hidup kita?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Tuhan ingin agar bumi ini penuh dengan kemuliaan-Nya dimana orang-orang penuh dengan pengenalan akan Tuhan.

”Dalam tahun matinya raja Uzia aku melihat Tuhan duduk di atas takhta yang tinggi dan menjulang, dan ujung jubah-Nya memenuhi Bait Suci. Para Serafim berdiri di sebelah atas-Nya, masing-masing mempunyai enam sayap; dua sayap dipakai untuk menutupi muka mereka, dua sayap dipakai untuk menutupi kaki mereka dan dua sayap dipakai untuk melayang-layang. Dan mereka berseru seorang kepada seorang, katanya: “Kudus, kudus, kuduslah TUHAN semesta alam,

seluruh bumi penuh kemuliaan-Nya!” (Yesaya 6:1-3).

”Sesungguhnya, bukankah dari TUHAN semesta alam asalnya, bahwa bangsa-bangsa bersusah-susah untuk api dan suku-suku bangsa berlelah untuk yang sia-sia? Sebab bumi akan penuh dengan pengetahuan tentang kemuliaan TUHAN, seperti air yang menutupi dasar laut.” (Habakuk 2:13-14).

”Tidak ada yang akan berbuat jahat atau yang berlaku busuk di seluruh gunung-Ku yang kudus,

sebab seluruh bumi penuh dengan pengenalan akan TUHAN, seperti air laut yang menutupi dasarnya.” (Yesaya 11:9).

Namun Tuhan membutuhkan kita untuk membuat kehendak-Nya dinyatakan di bumi sama seperti Yesus datang untuk menyatakan kehendak Bapa.

”Sebab sesungguhnya telah berkumpul di dalam kota ini Herodes dan Pontius Pilatus beserta bangsa-bangsa dan suku-suku bangsa Israel melawan Yesus, Hamba-Mu yang kudus, yang Engkau urapi, untuk melaksanakan segala sesuatu yang telah Engkau tentukan dari semula oleh kuasa dan kehendak-Mu.” (Kisah Para Rasul 4:27-28).

Untuk memanifestasikan kehendak Tuhan di bumi maka kita harus memahami kehendak Tuhan bagi kita selama di bumi yaitu kita harus menjadikan seluruh bangsa menjadi murid Tuhan, orang-orang yang memiliki pengenalan yang benar akan Tuhan sehingga bumi ini dipenuhi dengan orang-orang yang mengalami keserupaan dengan Kristus.

Dan kita juga harus membuat musuh-musuh Yesus diletakkan di bawah kaki Yesus.

Hal itu dapat diwujudkan melalui keberadaan umat Tuhan di bumi lewat pekerjaan, rumah tangga, serta sekolah dan kuliah kita serta pelayanan yang kita kerjakan.

”Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.” (Matius 28:19).

Semoga Allah, sumber damai sejahtera, segera akan menghancurkan Iblis di bawah kakimu. Kasih karunia Yesus, Tuhan kita, menyertai kamu!” (Roma 16:20).

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara memanifestasikan kehendak Allah dalam kehidupan sehari-hari.

Pembacaan Alkitab Setahun

Bilangan 31-32