TIDAK DAPAT DIHENTIKAN

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

ROMA 8:37-39

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Roma 8:37!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Oleh karena Yesus telah mengasihi kita maka hal apakah yang Dia berikan kepada kita dalam menghadapi segala situasi yang kita alami?
  2. Coba sebutkan kekuatan serta kekuasaan apakah yang akan menghambat kehidupan kita di dalam Tuhan?
  3. Adakah kekuatan dan kuasa yang dapat memisahkan kita dari kasih Allah?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Tuhan menjadikan kita Rumah-Nya yang kuat dan berkarakter Kristus yang tidak dapat dihentikan.

Hal ini direalisasikan melalui setiap janji-janji Tuhan bagi kita.

Ada banyak hal yang kita alami yang dapat menghentikan kita baik pergumulan-pergumulan hidup, dosa, bahkan kuasa si jahat.

Tetapi Tuhan memberi jaminan bahwa kita lebih dari pemenang.

”Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.” (1 Korintus 10:13).

”TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya.” (Mazmur 37:23-24).

”Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.” (Roma 8:37)

Kunci kemenangan kita terhadap setiap hal yang ingin menghentikan kita adalah kasih Allah yang melimpah kepada kita.

Kita harus memahami bahwa Allah sangat mengasihi kita dengan kasih yang tidak terbatas sehingga tidak ada ketakutan, kekuatiran terhadap apapun yang kita alami baik pencobaan, kuasa si jahat termasuk dosa sekalipun.

Kasih Allah yang memenuhi kita memampukan kita untuk menang terhadap persoalan yang kita hadapi.

”Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.” (2 Timotius 1:7).

”Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.” (1 Yohanes 4:18).

Selain kita memahami bahwa kasih Allah melimpah kepada kita, kita juga harus hidup yang senantiasa memiliki Firman Tuhan dalam setiap persekutuan kita dengan-Nya karena Firman Tuhan yang kita terima dan deklarasikan akan menghasilkan iman dan iman yang Tuhan berikan membuat kita dapat mengalahkan dunia ini sehingga hidup kita tidak terhentikan.

”Sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita. Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah?” (1 Yohanes 5:4-5).

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara senantiasa hidup dalam nilai kehidupan yang tidak dapat dihentikan.

Pembacaan Alkitab Setahun

Bilangan 28-30