NILAI HUBUNGAN DALAM PERSEKUTUAN

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

1 YOHANES 1:3-7

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah 1 Yohanes 1:7!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Sebagai orang yang beriman maka persekutuan terhadap siapakah yang paling utama yang harus kita bangun?
  2. Bagaimanakah kehidupan kita jika kita memiliki persekutuan dengan Allah Bapa dan Anak dan Roh Kudus?
  3. Jika kita hidup di dalam terang dan bukan dalam kegelapan maka terhadap siapakah kita beroleh persekutuan?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Membangun hubungan adalah inti di dalam Kekristenan termasuk juga kehidupan di dalam Rumah Tuhan, karena hubungan merupakan sifat Allah yang tertinggi dalam konteks kasih.

Dan Tuhan ingin agar kita membangun dan memiliki nilai hubungan untuk menjadi Rumah Tuhan yang sesuai dengan keinginan Tuhan.

Dalam membangun nilai hubungan dalam Rumah Tuhan harus dimulai dari hubungan setiap jemaat kepada Tuhan.

Dan pada dasarnya memang Tuhan ingin agar kita memiliki kesatuan dengan Dia.

“Supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.” (Yohanes 17:21).

”Apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar itu, kami beritakan kepada kamu juga, supaya kamu pun beroleh persekutuan dengan kami. Dan persekutuan kami adalah persekutuan dengan Bapa dan dengan Anak-Nya, Yesus Kristus.” (1 Yohanes 1:3).

Bukti dari bahwa kita memiliki hubungan dan persekutuan dengan Tuhan adalah bahwa kita hidup di dalam terang, karena di dalam Tuhan tidak ada kegelapan; tidak ada dosa dan tidak menyimpan dosa dalam bentuk apapaun, hidup di dalam kekudusan, baik di dalam pikiran, perasaan, kehendak juga perkataan dan perbuatan.

”Jika kita katakan, bahwa kita beroleh persekutuan dengan Dia, namun kita hidup di dalam kegelapan, kita berdusta dan kita tidak melakukan kebenaran.” (1 Yohanes 1:6).

Ketika kita memiliki hubungan yang benar dengan Tuhan maka kita dapat memiliki hubungan yang benar terhadap orang lain, dan hal inilah yang Tuhan inginkan terbangun di dalam Rumah Tuhan dimana setiap jemaat Tuhan memiliki hubungan yang benar satu dengan yang lain dan kita memiliki kuasa persekutuan yang membuat hidup kita selalu mengalami hadirat Tuhan serta berkat Tuhan yang melimpah.

”Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa.” (1 Yohanes 1:7).

Dengan demikian untuk dibangunnya nilai hubungan yang benar di dalam Rumah Tuhan haruslah dibangun kasih yang dalam kepada Tuhan dan kasih yang dalam kepada sesama kita dengan demikian kita memenuhi hukum kasih seperti dalam Matius 22:37-39.

Diskusikanlah di dalam komunitas saudara bagaimana saudara membangun nilai hubungan dalam persekutuan di dalam membangun rumah Tuhan.

Pembacaan Alkitab Setahun

Bilangan 23-25