MEMURIDKAN DENGAN DIPERLENGKAPI LIMA JAWATAN

Penulis : Pdt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

EFESUS 4:11-16

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa fungsi dari kelima jawatan?
  2. Apa target yang harus dicapai dalam pembangunan tubuh Kristus?
  3. Siapa yang dapat terombang-ambing oleh angin pengajaran?
  4. Bagaimana cara yang paling baik untuk bertumbuh dalam pembangunan tubuh Kristus?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara yang kekasih, rasul Paulus menuliskan suratnya kepada jemaat di Efesus:

Efesus 4:11-16 ”Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus, sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan, tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala. Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, –yang rapih tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota–menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih.”

Saudara, Tuhan Yesus memerintahkan para murid untuk muridkan orang lain agar berita Injil bisa sampai kepada bangsa-bangsa.

Yesus memuridkan dua belas rasul yang hidup bersama Dia.

Mereka selalu bersama, baik siang maupun malam.

Para murid dapat melihat secara langsung seluruh kehidupan Yesus. Rasul Yohanes pernah berkata:

1 Yohanes 1:3-4 ”Apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar itu, kami beritakan kepada kamu juga, supaya kamupun beroleh persekutuan dengan kami. Dan persekutuan kami adalah persekutuan dengan Bapa dan dengan Anak-Nya, Yesus Kristus. Dan semuanya ini kami tuliskan kepada kamu, supaya sukacita kami menjadi sempurna.”

Kehidupan Yesus merupakan berita dari Allah Bapa-Nya.

Yesus sebagai Firman yang hidup telah memuridkan para rasul dan ratusan murid lainnya selama tiga setengah tahun pelayanannya.

Tuhan mau supaya semua murid-Nya melakukan apa yang telah Dia lakukan dan contohkan.

Demikian juga, Yesus mau supaya semua orang yang percaya dimuridkan untuk memuridkan kembali.

Tuhan Yesus mau supaya kita juga ikut dijadikan murid Yesus melalui pemurid-pemurid, sehingga kita menjadi mampu untuk menjadikan orang lain sebagai murid Kristus.

Dalam memuridkan manusia menjadi murid Yesus Kristus, kita membutuhkan kuasa Roh Kudus dan berbagai karunia Roh Kudus.

Selain itu, kita juga memerlukan semua jawatan agar kita mampu menjadikan seseorang menjadi murid Yesus yang kompeten dalam memuridkan orang lain lagi.

2 Timotius 2:1-2 ”Sebab itu, hai anakku, jadilah kuat oleh kasih karunia dalam Kristus Yesus. Apa yang telah engkau dengar dari padaku di depan banyak saksi, percayakanlah itu kepada orang-orang yang dapat dipercayai, yang juga cakap mengajar orang lain.”

Pemuridan adalah proses kehidupan yang terus berlangsung dalam hidup kita, sehingga kita mencapai kepenuhan Kristus.

Dalam hal ini, semua jawatan dalam tubuh Kristus sangat diperlukan untuk melengkapi orang-orang yang sudah percaya dan dibaptiskan dalam nama Bapa, Anak, dan Roh Kudus serta dimuridkan dan diajar Firman kebenaran supaya dapat bertumbuh dan hidup dalam Kristus.

Yohanes 8:30-32 ”Setelah Yesus mengatakan semuanya itu, banyak orang percaya kepada-Nya. Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: “Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.”

Rasul Paulus juga menyampaikan hal yang hampir serupa kepada jemaat di Kolose:

Kolose 2:6-7 ”Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia. Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.”

Ketika seseorang percaya kepada Yesus Kristus, seharusnya dengan segera orang tersebut dimuridkan dan diajarkan Firman Allah agar semakin mengenal Bapa dan Yesus Kristus.

Dengan pertolongan Roh Kudus, seseorang akan mengalami banyak kemerdekaan yang membawa dia menuju kedewasaan rohani.

Kelima jawatan juga dapat berperan penting dalam memuridkan jemaat Tuhan untuk semakin memahami kebenaran dan mengalami pertumbuhan rohani yang semakin lengkap.

Pemuridan yang baik dilakukan secara pribadi ke pribadi karena pendekatan seperti ini lebih santai dan sangat efektif.

Cara pemuridan ini menciptakan hubungan yang mendalam antara pemurid dan murid juga menciptakan keterbukaan tanpa rasa takut dalam menjaga privasi kehidupan masa lalu seseorang, sehingga tidak menjadi konsumsi umum yang tidak membangun bagi orang yang sedang diproses, bagi orang yang mendengar informasi dengan vulgar maupun tidak langsung yang dapat memberikan pengaruh tidak baik pada pendidikannya.

Alkitab menuliskan yang Yesus katakan tentang pengertian terhadap kebenaran.

Yohanes 8:36 “Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamupun benar-benar merdeka.”

Ketika seseorang tetap dalam Firman Tuhan dan semakin mengenal kebenaran, anak Allah, Firman yang hidup akan memerdekakannya sehingga dia dapat hidup dalam kebenaran dan mengalami kemerdekaan yang sejati.

Proses pemuridan yang dilakukan dengan lengkap yang melibatkan berbagai jawatan dalam gereja akan mempercepat kedewasaan rohani seseorang.

Haleluya, puji Tuhan. Amen!

Apa yang menyebabkan seseorang sulit untuk bertumbuh dalam Tuhan?

Pembacaan Alkitab Setahun

Bilangan 7