BUMI PENUH DENGAN PENGETAHUAN KEMULIAAN TUHAN

Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

HABAKUK 2:9-14

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang terjadi dengan orang yang mengambil laba tidak halal untuk keperluan rumahnya?
  2. Apa yang terjadi dengan orang yang mendirikan kota di atas darah dan ketidakadilan?
  3. Apakah sesuatu yang sia-sia datang dari Tuhan semesta alam?
  4. Apa yang terjadi dengan bumi sesuai pernyataan Tuhan melalui Habakuk pada perikop yang kita baca hari ini?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Kejahatan dengan berbagai bentuknya semakin nyata termanifestasikan pada hari-hari terakhir, kondisi ini terjadi tentu bukan karena kehendak Tuhan.

Manusia yang jatuh dalam dosa membawa bibit-bibit budaya kejahatan yang semakin hari semakin rusak dan berakhir kepada kesia-siaan.

Sama seperti berbagai penyakit baru yang timbul pada hari-hari ini sebagai akibat kebiasaan yang salah dari manusia ditambah kemajuan teknologi, demikian juga efek dosa terhadap intensitas kejahatan akan semakin besar namun tidak disadari karena tipu daya iblis juga ikut bekerja.  

Kejahatan ini tentu dirasakan dampaknya tidak hanya kepada orang-orang yang belum percaya tetapi kita sebagai jemaatNya juga mengalami karena kita masih hidup di dunia ini.

Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita bersama bahwa Tuhan memahami hal tersebut dan Tuhan berjanji bahwa suatu waktu nanti bumi ini akan penuh dengan pengetahuan tentang kemuliaan Tuhan.

Pengetahuan tentang kemuliaan Tuhan ini tentu tidak datang dari dunia tetapi datang dari gerejaNya yang merupakan kumpulan orang-orang percaya yang telah dikuduskan dan diberikan Roh Kudus.

Kita adalah orang-orang percaya yang bertumbuh dalam gereja lokal dan memliki visi untuk bangsa-bangsa penuh kemuliaanNya.

Bagaimana kita dapat membawa bangsa-bangsa agar menggenapi janji Tuhan sehingga bumi penuh dengan pengetahuan akan kemuliaan Tuhan?

Dimulai dari perubahan pola pikir kita yang semakin serupa dengan Kristus dan tidak menjadi sama dengan dunia ini.

“Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.(Roma 12:1-2). 

Mari kita setia menggenapi visi yang Tuhan berikan dengan mulai dari kehidupan kita yang berubah, pikiran kita dibaharui dengan Firman Tuhan agar memahami kemulian yang Tuhan sediakan bagi kita orang percaya.

Keluarga kita diubahkan karena melihat pola pikir dan kehidupan kita yang semakin berubah.

Perubahan selalu bisa dimulai dari hal yang sederhana dan kecil tetapi konsisten kita lakukan.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk Saudara lakukan? Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.

Pembacaan Alkitab Setahun

Imamat 22-23