MENGERJAKAN VISI TUHAN

Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

KISAH PARA RASUL 26:19-23

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Kepada apa Paulus tidak pernah tidak taat sesuai perikop ini?
  2. Apakah yang dikerjakan Paulus setelah mendapat penglihatan dari Tuhan?
  3. Siapakah yang telah menolong Paulus dari awal hingga saat dia dihadapan Raja Agripa?
  4. Kesaksian apa yang diberitakan oleh Paulus?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

“Sebab itu, ya raja Agripa, kepada penglihatan yang dari sorga itu tidak pernah aku tidak taat.” (Kisah Para Rasul 26:19), perkataan ini memberikan gambaran bagaimana kuatnya komitmen Paulus untuk mengerjakan visi yang diberikan Tuhan kepadanya.

Paulus waktu masih bernama Saulus tidak pernah membayangkan bahwa pada akhirnya dia dipanggil Tuhan melalui suatu peristiwa yang membuat hdiupnya berubah dari seorang penganiaya jemaat menjadi pengikut Tuhan.

Visi Tuhan yang datang melalui penglihatan tidak hanya berhenti pada saat itu, namun kita membaca bagaimana perjalanan Paulus sejak menerima penglihatan itu.

Paulus sangat aktif memberitakan Mesias yang menderita disalibkan dan menjadi terang bagi bangsa-bangsa dalam seluruh perjalanannya.

Ada banyak alasan dan tantangan yang bisa membuat Paulus berhenti mengerjakan visi Tuhan, namun Paulus tidak pernah gentar menghadapi berbagai penganiayaan serta kehidupan di penjara yang sangat tidak nyaman.

Mendapat visi dari Tuhan bukan berarti kehidupan Paulus menjadi lebih nyaman, namun justru dia mengalami banyak penderitaan oleh karena visi itu.

Beberapa kali berhadapan dengan penguasa-penguasa pemerintahan untuk diadili hingga sampai kepada Raja Agripa sepeti yang kita baca hari ini, namun komitmennya kepada visi Tuhan tidak luntur.

Gereja lokal dimana kita berada punya visi dari Tuhan, begitu juga kita sebagai jemaatNya memiliki visi dari Tuhan yang tentunya selaras dengan gereja lokal dimana kita dipanggil Tuhan untuk bertumbuh dan menjadi berkat.

Visi yang Tuhan berikan adalah suatu tugas khusus bukan sekedar tulisan yang bisa dipajang atau hanya untuk dihafalkan, kita sepakat bahwa visi ini harus dikerjakan.

Mungkin Saudara merasa tidak mampu atau tidak siap untuk mengerjakan visi ini, jangan kuatir,  ketika Tuhan memberikan tugas Dia juga memberi kekuatan kepada kita untuk dapat melaksanakannya.

Roh Kudus sudah diberikan kepada kita sebagai penolong, yang diperlukan dari kita adalah kesediaan hati untuk mengikuti arahanNya dan mengerjakannya dengan konsisten.

Mengerjakan dengan setia visi Tuhan sudah tentu banyak tantangan yang harus kita hadapi dan pengorbanan yang kita berikan, namun penyertaan Tuhan lebih dari cukup untuk membawa kita kepada damai sejahtera dan berkatNya dalam kehidupan kita.

Jalan yang kita lalui memang tidak mudah, tetapi jalan itu membentuk kehidupan kita dari manusia yang mementingkan diri sendiri menjadi anak-anakNya yang memberkati dunia ini.

Visi yang Tuhan berikan juga mengubahkan hidup kita.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk Saudara lakukan? Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.

Pembacaan Alkitab Setahun

Imamat 16-18