VISI TUHAN BAGI YOSUA

Penulis : Pramadya Wisnu

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

YOSUA 1:1-5

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah perintah Tuhan kepada Yosua?
  2. Apakah janji Tuhan kepada Yosua, dalam rangka Yosua memenuhi perintah Allah?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Di Kitab Bilangan pasal 13 terdapat cerita bagaimana Musa mengutus dua belas orang untuk mengintai tanah Kanaan.

Dan setelah mereka mengintai, maka sepuluh orang melaporkan hal-hal yang negatif sehingga menyebabkan mereka yang mendengar menjadi takut.

Tetapi ada dua orang yang melaporkan dengan sangat positif dan optimis, yaitu Yosua dan Kaleb.

Akhirnya hanya mereka sajalah orang Israel yang berangkat dari Mesir dan pada akhirnya menyeberang sungai Yordan dan tiba di Kanaan atau Tanah Perjanjian.

Sisanya yang lain adalah mereka yang lahir selama kurun waktu empat puluh tahun, orang Israel mengembara di padang gurun.

Itulah sebabnya Allah memberikan perintah kepada Yosua untuk menaklukkan tanah Kanaan.

Dengan demikian, Yosua memperoleh visi untuk melihat umat Israel menduduki tanah Kanaan, dari ujung Utara di Lebanon hingga Selatan di perbatasan Mesir dan dari ujung Barat yang berbatasan dengan laut Mediterania, hingga sungai Yordan di sisi Timur.

Apa itu visi? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesiaa (KBBI) visi, yaitu kemampuan untuk melihat inti persoalan, pandangan atau wawasan kedepan dan kemampuan untuk merasakan sesuatu yang tidak tampak melalui kehalusan jiwa dan ketajaman penglihatan.

Sehingga dari pengertian ini kita bisa menyimpulkan bahwa visi adalah sebuah gambaran pada masa depan.

Visi merupakan sebuah cita-cita yang ingin dicapai di masa mendatang.

Dan tepat seperti itu pula visi yang Allah berikan kepada Yosua: Tanah Kanaan untuk bangsa Israel.

Sementara pada saat itu tanah Kanaan sedang didiami oleh berbagai suku bangsa, antara lain: orang Het, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus.

Apakah mudah merebut tanah Kanaan dari orang atau suku bangsa tersebut, tentu tidak.

Tetapi Allah tidak berdiam diri, bahkan sesungguhnya Allah menjanjikan kepastian hasil atas apa yang akan Yosua lakukan.

Yosua 1:3 ”Setiap tempat yang akan diinjak oleh telapak kakimu Kuberikan kepada kamu, seperti yang telah Kujanjikan kepada Musa.”

Yosua 1:5  Seorangpun tidak akan dapat bertahan menghadapi engkau seumur hidupmu; seperti Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau; Aku tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.

Di masa kini, Allah masih berbicara, masih memberikan perintah, masih memberikan janji, khususnya kepada Gereja-Nya.

Dan ketika Allah memberikan Visi, Dia juga akan memberikan arahan dan pimpinan kepada siapa pun yang mau mendengar suara-Nya dan bersedia membayar harganya.

Saudara, dalam kelompok pemuridan diskusikan tentang visi dari gereja kita dan apa yang dapat engkau kontribusikan untuk menggenapi visi tersebut.

Pembacaan Alkitab Setahun

Imamat 14-15