UMAT YANG KUAT KARENA PENYERTAAAN TUHAN

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

YOSUA 1:3-7

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Yosua 1:5!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah janji Allah kepada Yosua seperti janji Allah juga kepada Musa?
  2. Hal apakah yang menjamin bahwa apa yang Allah janjikan akan digenapi dalam hidup Yosua?
  3. Hal apakah yang harus dilakukan oleh Yosua sehingga dia mengalami penyertaan Allah yang sempurna?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Allah memberikan janji kepada Yosua bahwa perjalanan hidupnya bersama bangsa Israel untuk masuk ke tanah Kanaan akan digenapi Tuhan, mulai dari menyebrangi Sungai Yordan, merobohkan tembok Yerikho, menaklukkan kota Ai dan mengalahkan raja-raja di sekitar Kanaan sampai menuju Kanaan.

Yosua berhasil karena Allah menyertai dia dan penyertaan Tuhan itu merupakan kekuatan Allah yang membuat mereka mampu mencapai tujuan Tuhan dan mampu menyingkirkan segala musuh yang menghalangi mereka untuk masuk ke tanah Kanaan.

Yosua memiliki janji Allah dan disertai oleh Allah.

Demikian juga hidup kita harus dimulai dengan janji Allah.

”Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.” (Yeremia 29:11).

Allah berjanji bahwa kita diberikan rancangan damai sejahtera dengan hari depan penuh harapan.

Namun dalam perjalanannya kita merasa bahwa rancangan Tuhan itu bertolak belakang dengan apa yang kita alami sesungguhnya, sehingga kita menjadi kuatir, ragu-ragu, cemas, sehingga banyak orang yang kecewa dengan Tuhan.

Namun harus kita yakini bahwa dalam segala keadaan Tuhan tetap menyertai kita.

Bagian kita adalah harus menguatkan hati dan meneguhkan hati kita dengan berjalan dalam kebenaran Tuhan sebagai penuntun hidup kita.

Itulah sebabnya kita membutuhkan Firman Tuhan sebagai arahan dari Tuhan sehingga kita tidak menyimpang ke kanan dan ke kiri.

Kita membutuhkan Firman yang keluar dari mulut Allah.

”Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu; apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati.” (Yeremia 29:12-13).

Dan Tuhan akan menyatakan penyertaan-Nya kepada kita melalui Firman-Nya sehingga kita menjadi kuat untuk menyelesaikan rencana Bapa.

”Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. Aku telah bersumpah dan aku akan menepatinya, untuk berpegang pada hukum-hukum-Mu yang adil.” (Mazmur 119:105-106).

”Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.” (Yosua 1:8).

Firman Tuhan yang kita terima dari mulut Allah merupakan bukti penyertaan Tuhan bagi kita sehingga kita menjadi kuat untuk menjadi rumah Tuhan yang kuat dan berkarakter Kristus sebagai rencana Tuhan bagi kita.

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara tetap kuat karena Firman Tuhan sebagai bukti penyertaan Tuhan untuk menyelesaikan rencana Bapa.

Pembacaan Alkitab Setahun

Keluaran 25-27