UMAT YANG KUAT MENGENAKAN SELURUH SENJATA ALLAH

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

EFESUS 6:11-18

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Efesus 6:11!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Sebagai pengikut Tuhan dan orang-orang yang percaya kepada Tuhan, maka kita berjuang melawan siapa?
  2. Apakah yang menjadi ketetapan Tuhan bagi kita yang tinggal dalam kekuatan Tuhan?
  3. Apakah yang harus kita kenakan dan gunakan untuk melawan si jahat?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Sebagai orang yang percaya yang berjalan dalam terang Tuhan maka kita selalu berjuang untuk melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa dan melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini dan melawan roh-roh jahat di udara.

Si jahat selalu menipu, mengintimidasi agar kita mengikuti keinginan dan pikirannya.

Namun karena kita lahir dari Allah maka kita dimampukan oleh Allah untuk mengalahkan si jahat dan tetap kuat di dalam kuasa-Nya dan mengalami kemenangan.

”Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya.” (Efesus 6:10).

Kekuatan yang Allah berikan kepada kita harus kita pahami bahwa hal tersebut merupakan anugerah Allah, yang merupakan kuasa Allah yang tidak terbatas yaitu kuasa nama Yesus.

”Karena senjata kami dalam perjuangan bukanlah senjata duniawi, melainkan senjata yang diperlengkapi dengan kuasa Allah, yang sanggup untuk meruntuhkan benteng-benteng. Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus” (2 Korintus 10:4-5).

Namun Tuhan juga ingin agar kita mengenakan dan menggunakan selengkap senjata Allah sebagai bagian dari hidup kita yang senantiasa berjaga-jaga sebagai prajurit Allah supaya kita dapat melawan si jahat saat kita diintimidasi dan ditipu olehnya.

”Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis.” (Efesus 6:11).

”Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu.” (Efesus 6:13).

Kita harus senantiasa secara aktif untuk mengenakan dan menggunakan senjata Allah agar kita dapat melawan si jahat, diantaranya adalah ikat pinggang kebenaran dan baju zirah keadilan yaitu hidup dalam kebenaran dan kekudusan Tuhan, kaki berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera, senantiasa hidup menggunakan perisai iman yaitu merenungkan dan senantiasa mendeklarasikan Firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari, selalu menerima ketopong keselamatan dan pedang Roh yaitu Firman Allah karena kita hidup bukan dari roti saja tetapi dari setiap Firman yang keluar dari mulut Allah dengan cara bersekutu dengan Firman Tuhan, juga senantiasa berdoa dalam Roh dengan menggunakan bahasa doa yaitu bahasa Roh.

Dengan senantiasa menggunakan senjata Allah maka kita selalu dalam kondisi prima dan kuat untuk menghadapi si jahat dan selalu berkemenangan.

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara tetap kuat karena menggunakan seluruh senjata Allah dan berkemenangan.

Pembacaan Alkitab Setahun

Keluaran 22-24