SEMUA YANG LAHIR DARI ALLAH MENGALAHKAN DUNIA

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

1 YOHANES 5:1-5

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah 1 Yohanes 5:4!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapakah orang-orang yang lahir dari Allah?
  2. Otoritas apakah yang Allah berikan kepada orang-orang yang lahir dari Allah?
  3. Dengan apakah kita dapat mengalahkan dunia ini?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Firman Tuhan berkata bahwa setiap orang yang percaya keapda Yesus dan menerima-Nya diberi-Nya kuasa untuk menjadi anak-anak Allah.

Kuasa yang diberikan itu merupakan otoritas dari Allah untuk mengalahkan dunia ini dan menaklukkan dunia ini seperti yang Tuhan katakan dalam kitab Kejadian kepada Adam ketika Allah menciptakan Adam dan Hawa.

”Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah.” (Yohanes 1:12-13).

”Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.” (Kejadian 1:26-28).

Bahkan bukan hanya otoritas atau kuasa untuk mengalahkan dan menaklukkan dunia ini, tetapi juga kuasa untuk hidup serta Yesus atau kuasa untuk hidup seperti Yesus, yang membuat kita dapat menang terhadap hawa nafsu dunia ini dan memiliki kodrat ilahi.

”Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib. Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.” (2 Petrus 1:3-4).

Dari kebenaran di atas maka benarlah pernyataan bahwa semua yang lahir dari Allah mengalahkan dunia ini, karena setiap orang yang lahir dari Allah memiliki kodrat ilahi seperti Yesus termasuk iman seperti Yesus.

Dan iman inilah yang memberi kemampuan bagi kita untuk mengalahkan dunia.

Itulah sebabnya sangat penting bagi kita untuk memiliki Firman Tuhan saat kita senantiasa merenungkan Firman Tuhan serta mendeklarasikannya, seperti yang dialami oleh Yesus ketika Ia mengalahkan iblis saat dicobai di padang gurun.

”Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.” (Matius 4:4).

Hal yang sama bagi kita juga ditakdirkan dapat mengalahkan dunia ini karena lahir dari Allah.

”Ia berkata kepada mereka: “Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, — maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.” (Matius 17:20).

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana pengalaman saudara dalam mengalahkan dunia ini karena saudara lahir dari Allah.

Pembacaan Alkitab Setahun

Keluaran 19-21