UMAT YANG MENGENAL ALLAH AKAN TETAP KUAT

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

DANIEL 11:32-35

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Daniel 11:32!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah yang dilakukan oleh si jahat terhadap orang-orang yang berlaku fasik terhadap perjanjian dengan Tuhan?
  2. Apakah yang dialami oleh umat yang mengenal Tuhan?
  3. Apakah yang dilakukan oleh umat yang mengenal Tuhan?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

 Pada hari-hari terakhir akan banyak terjadi penyesatan dan nabi-nabi palsu untuk menjatuhkan umat Tuhan sehingga terjadi kemurtadan.

”Jawab Yesus kepada mereka: “Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu! Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang.” (Matius 24:4-5).

”Pada waktu itu kamu akan diserahkan supaya disiksa, dan kamu akan dibunuh dan akan dibenci semua bangsa oleh karena nama-Ku, dan banyak orang akan murtad dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci. Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang. Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin.” (Matius 24:9-12).

Namun Tuhan berjanji bahwa orang-orang yan bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat, dan mereka adalah orang-orang yang mengenal Tuhan, bahkan mereka bukan hanya kuata dan bertahan tetapi mereka juga bertindak untuk menghancurkan si jahat dan melepaskan jiwa-jiwa yang tersesat.

”Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.” (Matius 24:13).

”Tetapi umat yang mengenal Allahnya akan tetap kuat dan akan bertindak.” (Daniel 11:32b).

Oleh karena itu agar kita tetap kuat dan bertindak maka perlu dibangun pengenalan akan Tuhan yang sangat mendalam dalam kehidupan kita.

Dalam membangunnya kita perlu memiliki rasa haus dan lapar akan kebenaran sampai kita mengalami kemerdekaan karena kebenaran tersebut dan kebenaran tersebut membuat kita memahami siapa Tuhan buat kita dan siapa kita di dalam Tuhan.

”Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan.” (Matius 5:6).

”Dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.” (Yohanes 8:32).

Kebenaran tersebut akan memerdekakan kita dan membuat kita memiliki pengenalan yang benar terhadap Tuhan.

Akibatnya kita selalu kuat dan dapat bertindak mengalahkan dunia ini, si jahat bahkan maut sekalipun sehingga kita selalu berkemenangan.

”Sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita. Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah?.” (1 Yohanes 5:4-5).

Bahkan lebih lagi bahwa kita bukan hanya mengalahkan dunia ini tetapi juga melepaskan dan memerdekakan setiap orang yang dibelenggu oleh si jahat dan maut.

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara senantiasa kuat menghadapi dunia ini karena mengenal Tuhan dan Firman-Nya.

Pembacaan Alkitab Setahun

Keluaran 16-18