SEKUAT TENAGA MEMBANGUN RUMAHNYA

Penulis : Pdt. Saul Rudy Nikson

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

NEHEMIA 2:17-20

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah yang menjadi beban hati Nehemia saat mendegar kondisi Yerusalem?
  2. Apakah yang dilakukan Nehemia?
  3. Apakah tekad nehemia?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Ketika kuberitahukan kepada mereka, betapa murahnya tangan Allahku yang melindungi aku dan juga apa yang dikatakan raja kepadaku, berkatalah mereka: “Kami siap untuk membangun!” Dan dengan sekuat tenaga mereka mulai melakukan pekerjaan yang baik itu.(Nehemia 2:18).

Bulan ketujuh bertepatan dengan bulan Maret atau April, sehingga empat bulan telah berlalu sejak Nehemia berdoa secara khusus.

Di antara pertanyaan raja dan jawaban Nehemia, pembawa anggur Raja yang berhati sederhana itu meluangkan waktu untuk berdoa kepada Allah di surga.

Kemudian, dengan keyakinan bahwa Allah menyertainya, dia tidak segan-segan meminta hal-hal besar: agar dia dapat diutus ke kota nenek moyangnya untuk membangunnya, dan agar dia dapat menerima semua bahan yang diperlukan untuk pembangunannya.

Nehemia dengan hati-hati mencatat bahwa permohonannya dikabulkan, bukan atas izin raja, melainkan atas izin tangan Allah.

Apakah kita cukup mengenali tangan Allah yang mengizinkan Nehemia? Di sini kita melihat sekilas cara kerja hati orang ini.

Ia merasa bahwa Tuhan telah menaruh tujuan suci-Nya di sana.

Dia tidak ragu-ragu untuk mengakui hal ini kepada orang-orang Yahudi dan di tengah pertentangan dan cemoohan dari musuh-musuh mereka; dia menguatkan dirinya dalam Tuhannya, yakin bahwa Dia tidak akan membawanya sejauh ini untuk mempermalukannya.

Saudara, kalau kita  berada di pihak Tuhan, dan tidak ada yang mustahil bagi kita.

Ketika kita diberikan beban (visi) dalam hati kita untuk melakukan pemulihan atas pribadi tertentu atau sebuah komunitas, lakukanlah dengan bersungguh-sungguh sama seperti Nehemia.

Lakukan dengan sekuat tenaga.

Tantangan pasti ada, tetapi bersama dengan Tuhan, pasti kita dapat mengatasinya.

Diskusikan dengan pembimbingmu, bagaimana caranya supaya dapat mengatasi tantangan dalam pelayanan.

Pembacaan Alkitab Setahun

Keluaran 1-3