ROH ALLAH YANG MEMBERI KEAHLIAN UNTUK MEMBANGUN

Penulis : Pdt. Saul Rudy Nikson

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

KELUARAN 31:2-6

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapakah yang ditunjuk (disiapkan Allah) untuk membangun kemah suci?
  2. Apakah yang dilakukan Allah supaya Bezaleel dapat membantu Musa membangun Kemah suci?
  3. Keahlian dan pengertian Bezaleel bersumber dari mana?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

“Lihat, telah Kutunjuk Bezaleel bin Uri bin Hur, dari suku Yehuda, dan telah Kupenuhi dia dengan Roh Allah, dengan keahlian dan pengertian dan pengetahuan, dalam segala macam pekerjaan.” (Keluaran 31:2-3).

Kemah Suci dibuat atas perintah Allah melalui Musa agar Allah diam di tengah-tengah bangsa Israel dan sebagai tempat mereka beribadah serta dibuat dari berbagai bahan-bahan yang dipersembahkan oleh bangsa Israel secara sukarela -Keluaran 25:1-9.

Allah menunjuk Bezaleel bin Uri bin Hur dari suku Yehuda dan Aholiab bin Ahisamakh dari suku Dan untuk melaksanakan pembangunan Kemah Suci serta mereka juga dibantu oleh pengerja-pengerja ahli lainnya -Keluaran 31:1-6; Keluaran. 35:30-36:1.

Di dalam Kemah Suci terdapat Ruang Kudus dan Ruang Mahakudus yang dipisahkan oleh tabir -Keluaran 26:33-34; Ibrani 9:2-7.

Di dalam Ruang Kudus terdapat kaki dian dan meja roti sajian sedangkan di Ruang Mahakudus terdapat mezbah pembakaran ukupan dari emas dan Tabut Perjanjian -Ibrani 9:2-4.

Kapan pun ada pekerjaan khusus yang harus dilakukan, Tuhan akan menemukan dan memberkati orang-orang yang harus melakukannya.

“Aku telah memanggil,… Aku telah memenuhi,… Aku telah menetapkan,” dan seterusnya.

Ada tempat khusus bagi kita masing-masing dalam pelayanan kepada Tuhan, kepada masing-masing kita diberikan pekerjaan khusus; dan untuk masing-masing talenta itu diberikan, yang diperlukan dan memadai.

“Diciptakan untuk melakukan perbuatan baik,” kata Rasul, “yang telah dipersiapkan Allah sebelumnya agar kita dapat berjalan di dalamnya,” (Efesus 2:10).

Bakat untuk bidang dan bidang untuk talenta-panggilan Tuhan mengikat keduanya dengan jepitan emas.

Saudara, Kemah Suci yang dibangun pada zaman Musa adalah tipologi kehadiran Allah, baik adalah pribadi orang Kristen maupun dalam gereja secara lokal dan universal.

Alkitab menyebut Tubuh Kita bait Allah dan Jemaat-Nya disebut tubuh Kristus. Sama seperti Kemah suci dibangun orang-orang yang dipenuhi Roh Allah dan keahlian membangun,  demikian juga kita membutuhkan orang-orang yang ditentukan Tuhan untuk memperlengkapi kita.

Efesus 4:11-12 “Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus”.

Tuhan telah menyiapkan orang-orang yang membantu kita bertumbuh.

Oleh karena itu, berikan diri kita dengan sungguh-sungguh untuk diperlengkapi.

Kita tidak dapat bertumbuh secara sehat apabila mengandalkan pertumbuhan dari upaya diri sendiri.

Diskusikan dalam kelompok PA, bagaimana caranya diperlengkapi dalam gereja lokal.

Pembacaan Alkitab Setahun

Kejadian 48-50