TALENTA UNTUK MEMBANGUN RUMAH-NYA

Penulis : Pdt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

MATIUS 25:14-30

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Sebagai apakah Yesus menggambarkan tentang Kerajaan Sorga?
  2. Bagaimana dia membagi hartanya kepada hamba-hambanya untuk dikembangkan?
  3. Apa yang dilakukan oleh hamba-hambanya?
  4. Apa perkataan Tuan itu kepada hamba yang mengembangkan harta Tuannya?
  5. Apa yang dilakukan oleh Tuan itu kepada hamba yang tidak mengembangkan harta Tuannya itu?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, ketika belajar tentang talenta, maka kita juga belajar bahwa Tuhan Yesus Kristus telah mengaruniakan harta yang sangat besar kepada kita yaitu Roh Kudus.

Roh Kudus yang bersedia tinggal di dalam kita karena memiliki iman percaya kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat.

Efesus 1:13-14 ”Di dalam Dia kamu juga–karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu–di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu. Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.”

Yohanes 14:26 ”tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.”

Efesus 3:17 ”sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih.”

Tuhan memperlengkapi kita dengan Roh Kudus, supaya kita bisa menjadi alat Tuhan membangun kerajaan-Nya di bumi ini.

Kehadiran Kristus di dalam hidup kita sepatutnya membuat kita bertumbuh dengan pesat.

Namun dalam kenyataannya, banyak anak-anak Tuhan tidak mengalami pertumbuhan. Mengapa bisa terjadi?

Saudara, rasul Paulus mengajarkan kita yang percaya kepada Yesus Kristus dan yang sudah hidup oleh Roh Kudus, supaya hidup dipimpin oleh Roh Kudus dan tidak lagi hidup oleh kedagingan kita.

Ketika kita hidup lagi dalam kedagingan maka kita akan mengalami pertumbuhan negatif yaitu turun atau jatuh.

Hal inilah yang membuat banyak anak-anak Tuhan hidupnya naik turun bagai rollercoaster, maju mundur atau jatuh bangun sehingga pertumbuhan rohaninya tidak baik dan tidak stabil.

Bagi anak-anak Tuhan yang pertumbuhannya baik, maka semakin bagus dan banyak talenta yang bisa dipakai untuk membangun jemaat dan membangun rumah rohani dimana penyembahan dapat dilaksanakan.

Saudara, Tuhan mau kita sebagai orang percaya menjadi alat bagi kerajaan Sorga untuk melebarkan dan membesarkan kerajaan Yesus Kristus di muka bumi ini dengan melakukan pemuridan kepada bangsa-bangsa.

Maka, setiap kita sangat perlu belajar penginjilan atau bersaksi untuk memperdengarkan berita kerajaan Yesus Kristus itu kepada orang-orang yang belum percaya.

Tuhan menganugerahkan talenta kepada kita untuk dikembangkan dan dipakai untuk melebarkan kerajaan-Nya.

Ketika kita mau dipimpin oleh Roh Kudus, maka kita akan semakin mahir untuk memuridkan banyak orang dan semakin kita rela dikendalikan oleh Roh Kudus sehingga banyak karunia-karunia Roh akan bermanifestasi melalui kehidupan kita.

Saudara, marilah kita menyadari bahwa hidup kita bukan lagi milik kita sendiri.

Secara rohani, kita sudah menjadi milik Kristus karena Dia telah hidup di dalam kita.

Rasul Paulus juga menuliskan kepada jemaat di Korintus suatu fakta rohani yang telah terjadi pada kita sebagai orang percaya.

1 Korintus 6:19-20 ”Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, –dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!”

Oleh karena itu, maka rasul Paulus juga menuliskan kepada jemaat di Galatia:

Galatia 5:25 ”Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh”

Jika kehidupan kita dipimpin oleh Roh Kudus, maka kita akan hidup sesuai dengan rencana-Nya yaitu suatu kehidupan yang disertai karunia-karunia Roh Kudus.

Kekayaan yang dianugerahkan oleh Tuhan itu ditujukan kepada kita supaya kita pakai untuk melebarkan Kerajaan Allah di muka bumi ini dengan memuridkan bangsa-bangsa.

Tuhan Yesus mau supaya hidup kita dipakai untuk memuliakan Dia dengan menaati perintah-Nya yaitu sebagai murid yang berkenan kepada Bapa yang menginginkan supaya Kerajaan Allah nyata berkuasa di dalam kehidupan kita.

Dan ini terlihat dari kehidupan sekitar kita, keluarga kita, masyarakat, RT/RW tempat tinggal, kantor, sekolah, kampus atau dimanapun kita berada.

Haleluya, puji Tuhan. Amen.

Talenta apa yang sangat nyata ada di dalam hidupmu yang sudah dipakai untuk memuliakan Tuhan Yesus Kristus?

Pembacaan Alkitab Setahun

Kejadian 35-37