BANGSA YANG TERPILIH

Penulis : Aris-Ellis Handoko

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

1 PETRUS 2:9-10

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapakah kita menurut Rasul Petrus?
  2. Untuk apakah kita dipilih?
  3. Bagaimanakah keadaan kita dahulu dan sekarang?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, bagaimana rasanya jika Anda, yang bukan bangsa Inggris, tiba-tiba dipanggil dan dipilih keluarga Kerajaan Inggris (The Royal Family) menjadi anak dan anggota keluarga kerajaan?

Selain kaget, kebanyakan orang akan mengalami rasa bangga dan terhormat.

Mereka yang menerimanya tentu akan sangat senang dan berusaha menjaga kehormatan tersebut.

Demikian jugalah halnya dengan kita, bahkan lebih dahsyat lagi, ketika Tuhan semesta alam memilih dan menetapkan kita menjadi bangsa pilihanNya.

Saudara, kita tidak sekedar dipilih oleh orang terkenal seperti The Royal Family, melainkan oleh penguasa langit dan bumi yang sesungguhnya, yaitu Tuhan sendiri.

Kehormatan itu datang karena Yesus, mau lahir di dunia kita yang fana ini untuk menebus kita dari dosa dan mengangkat kita menjadi anakNya, menjadi bagian dari Kerajaan Sorga.

Lalu, seperti apa menjalani hidup yang menjaga kehormatan yang Tuhan sudah beri ini?

Sewajarnya hidup dalam kekudusan sesuai FirmanNya, dan menceritakan segala kebaikan Tuhan kepada banyak orang.

Dari kesaksian hidup kita, akan ada yang diselamatkan dan menjadi bagian dari keluarga Kerajaan Sorga, sama seperti kita.

Mereka harus dimuridkan agar mengerti bahwa Tuhan memilih mereka bukan hanya untuk diri sendiri saja, melainkan juga untuk orang lain.

Dengan demikian mereka juga akan pergi memberitakan Injil, dan menyatakan kebaikan Tuhan kepada lebih banyak orang lagi.

Saudara, semua orang yang meresponi panggilan dari Tuhan menjadi bangsa pilihan dan umat kepunyaanNya.

Status itu yang tadinya hanya milik bangsa Israel, sekarang dianugerahkan juga kepada kita yang adalah bangsa-bangsa lain.

Suatu kehormatan yang tiada tara dari Tuhan bagi kita. Kita menjadi “bangsa Israel rohani” di mata Tuhan.

Saudara, anugerah yang besar telah menetapkan kita menjadi bangsa pilihanNya, sehingga status kita adalah “Keluarga Kerajaan”.

Iblis tidak bisa sembarang lagi meremehkan kita. Kita perlu menjaga kehormatan ini dengan segenap hati dan kekuatan kita.

Sudah semestinya kita hidup kudus sesuai Firman Tuhan dan memberitakan perbuatanNya yang besar dan ajaib kepada semua orang.

Sehingga kerajaanNya semakin diperluas, dan nama Yesus Kristus semakin dipermuliakan. Amin.

Diskusikanlah dengan rekan persekutuan Saudara bagaimana Saudara bisa hidup sebagai bangsa yang terpilih dan menyatakannya kepada sebanyak mungkin orang.

Pembacaan Alkitab Setahun

Wahyu 4-8