TINGGAL DALAM KASIH-NYA

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

YOHANES 15:9-13

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Yohanes 15:10.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Karena Yesus telah mengasihi kita, apakah perintah-Nya kepada kita?
  2. Apakah yang harus kita lakukan agar tinggal dalam kasih-Nya?
  3. Apakah perintah Tuhan yang harus kita taati?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Yesus telah memberikan teladan kepada kita bahwa Yesus senantiasa tinggal dalam kasih Bapa dengan cara hidup menuruti dan taat kepada perintah Bapa.

Tuhan juga ingin agar kita senantiasa tinggal dalam kasih-Nya dengan cara taat dan menuruti serta melakukan perintah-Nya.

Salah satu perintah Tuhan yang harus kita turuti agar kita tetap tinggal dalam kasih-Nya adalah supaya kita hidup saling mengasihi seperti Yesus telah mengasihi kita.

Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.” (Yohanes 13:34).

”Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain.” (Yohanes 15:17).

”Dan inilah perintah-Nya itu: supaya kita percaya akan nama Yesus Kristus, Anak-Nya, dan supaya kita saling mengasihi sesuai dengan perintah yang diberikan Kristus kepada kita.” (1 Yohanes 3:23).

”Dan sekarang aku minta kepadamu, Ibu–bukan seolah-olah aku menuliskan perintah baru bagimu, tetapi menurut perintah yang sudah ada pada kita dari mulanya–supaya kita saling mengasihi. (2 Yohanes 1:5).

Itulah sebabnya Tuhan berkata bahwa ketika kita membenci saudara kita maka kita tidak memiliki kehidupan kekal dalam diri kita.

”Setiap orang yang membenci saudaranya, adalah seorang pembunuh manusia. Dan kamu tahu, bahwa tidak ada seorang pembunuh yang tetap memiliki hidup yang kekal di dalam dirinya.” (1 Yohanes 3:15).

”Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan. Ia tidak tahu ke mana ia pergi, karena kegelapan itu telah membutakan matanya.” (1 Yohanes 2:11).

Oleh sebab itu, marilah kita hidup saling mengasihi saudara kita juga orang lain termasuk musuh kita dan juga jiwa-jiwa yang terhilang, dengan demikian nyatalah bahwa kita tinggal di dalam kasih-Nya.

”Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia.” (1 Yohanes 4:16).

Diskusikanlah di dalam komunitas saudara sikap apa yang harus senantiasa saudara upayakan kepada orang lain agar tetap tinggal dalam kasih Tuhan.

Pembacaan Alkitab Setahun

1 Petrus 1-5