MENGAMBIL BAGIAN DALAM KODRAT ILAHI

Penulis : Pdt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

2 PETRUS 1:3-8

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang berguna bagi hidup saleh kita dari yang telah dianugerahkan-Nya?
  2. Apa yang telah dianugerahkan kepada kita sehingga menjadikan kita bisa mengambil bagian dalam kodrat ilahi dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia?
  3. Apa yang perlu ditambahkan kepada iman kita?
  4. Mengapa pengetahuan penting ditambahkan kepada kebajikan?
  5. Mengapa kasih akan semua orang ditambahkan kepada kasih akan saudara-saudara?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, setelah seseorang mendengar firman Kristus yaitu berita kebenaran, kabar baik, Injil keselamatan, maka ketika seseorang itu percaya, Allah menganugerahkan Roh Kudus sebagai meterai kepemilikanNya Bapa, Tuhan Allah kita.

Rasul Paulus menulis kepada jemaat di Roma:

Roma 8:5-11 “Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh. Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera. Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya. Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah. Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus. Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran. Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.”

Efesus 3:17 “sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih.”

Kehadiran Kristus menyebabkan kita memiliki hidup oleh Roh Kudus. Rasul Paulus menyatakan kepada jemaat di Galatia.

Galatia 5:24-25 “Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh”

Dengan menyerahkan segenap hidup kita untuk dipimpin oleh Roh, kehidupan daging kita akan dapat dikendalikan oleh Roh Kudus, maka Roh Kudus akan memimpin dan mengajarkan kepada kita segala sesuatu yang kita perlukan dalam hidup oleh Roh.

Yesus berkata kepada murid-muridNya:

Yohanes 14:26-27 “tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.”

Jika kepada Roh Allah itu, kita benar-benar mempersembahkan segenap hidup kita, maka Dia akan mengajarkan kita segala sesuatu yang kita perlukan.

Dia akan memimpin kita untuk hidup dalam kodrat Ilahi, dimana pengaruh kedagingan dan keduniawian ditiadakan.

Ketika kita hidup dipimpin oleh Roh, maka kita akan merasakan damai sejahtera yang telah di anugerahkan oleh Tuhan, sehingga pengaruh daging dan hawa nafsu dunia ditiadakan dari dalam hidup kita.

Roh Kudus akan memimpin hidup anak-anak Tuhan, Rasul Paulus menyatakan bagaimana pengaruh Roh Kudus dalam hidup kita:

Roma 8:26-30 “Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus. Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.”

Oleh pekerjaan Roh Allah, Dia memulihkan dan membentuk kita menurut keinginanNya.

Dalam kehidupan Kodrat Ilahi, maka Allah ingin menjadikan anak-anak manusia kembali seperti Adam sebelum jatuh ke dalam dosa.

Roh Allah yang berada di dalam kita akan mengajar dan membawa kita sesuai dengan kehendak Allah agar kita menjadi sesuai dengan apa yang diinginkanNya dan kita akan dimuliakan oleh Roh Allah.

Haleluya, Puji Tuhan, Amen!

Mengapa ada anak-anak Tuhan yang tidak mencapai apa yang Tuhan Allah inginkan yaitu dimuliakan dalam Kristus?

Pembacaan Alkitab Setahun

2 Tesalonika 1-3