ROH ALLAH DIAM DALAM KITA

Penulis : Pdt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

ROMA 8:8-11

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapa yang hidupnya tidak diperkenan oleh Allah?
  2. Siapa orang yang bukan milik Allah?
  3. Daging mati karena apa? Dan roh hidup karena apa?
  4. Apa yang dapat menghidupkan tubuh kita yang fana ini?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, Alkitab dengan jelas menuliskan bahwa seseorang yang percaya kepada Yesus Kristus, maka Tuhan Allah memeteraikan dia dengan Roh Kudus sebagai milik-Nya:

Efesus 1:13-14 “Di dalam Dia kamu juga–karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu–di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu. Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.”

Saudara, Roh Kudus sebagai penghibur, penolong dan Dia juga yang akan mengajarkan kita hal apa saja yang Allah ingin kita mengerti.

Tuhan menjadi tuan, majikan dan juga Dia mengatakan bahwa kita adalah sahabat bagi Mesias itu.

Roh Kudus adalah pribadi Allah ketiga yang berfungsi mengubah dan memulihkan manusia sehingga kita menjadi anak-anak Allah yang hidup.

Roh Kudus sebagai pribadi Allah yang membimbing kita dan membentuk kita menjadi serupa dengan Yesus Kristus, seperti yang dikehendaki Bapa, ketika Dia dulu menciptakan manusia di taman Eden.

Saudara yang kekasih, dengan kehadiran Roh Kudus di dalam kita, maka Allah sebagai Imanuel, terjadilah keinginan Tuhan yang akan di sebut sebagai Allah di tengah-tengah umat-Nya. Maka apa yang Petrus tuliskan dalam:

1 Petrus 2:9-10 “Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib: kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan.”

Ketika Roh Kudus diam di dalam kita, maka Dia juga mengaruniakan kuasa dan berbagai karunia-karunia Roh akan menyertai kita sesuai karunia yang diberikan-Nya kepada tiap-tiap orang percaya sesuai dengan kerelaan-Nya:

1 Korintus 12:7 “Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama.”

Dengan karunia Roh Kudus ini maka dunia mengetahui bahwa di dalam kita berada Roh Allah yang menjadi penolong, penghibur dan juga pengajar yang akan menuntun kita untuk melakukan sesuatu dengan tujuan memenuhi kepentingan tubuh Kristus.

Saudara, Rasul Paulus menulis dalam suratnya kepada jemaat di Galatia:

Galatia 5:24-25 “Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh”

Ketika hidup kita dipimpin oleh Roh Kudus, maka Roh Kudus akan memimpin kita untuk tidak hidup dalam kedagingan.

Maka apa yang dituliskan oleh Rasul Paulus kepada jemaat-jemaat di Roma itu terjadi dalam hidup kita:

Roma 8:1-2 “Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus. Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut.”

Haleluya, Puji Tuhan, Kristus ingin agar kita benar-benar hidup dalam Roh supaya kira tidak hidup dalam ketakutan, kekuatiran dan kebimbangan karena Tuhan Allah sendiri ingin memimpin kita hidup sesuai rencana Dia. Amen!

Apa yang menyebabkan banyak anak-anak Tuhan hidup dalam persoalan demi persoalan, berbagai masalah membuat  kehidupannya tidak baik?

Pembacaan Alkitab Setahun

Filipi 1-4