TANDA KITA MENGENAL ALLAH

Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

1 YOHANES 2:3-6

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa tandanya kita mengenal Allah?
  2. Siapakah seorang pendusta itu sesuai dalam perikop yang kita baca hari ini?
  3. Bagaimana kita tahu bahwa di dalam kita sudah sempurna kasih Allah?
  4. Apa artinya jika kita mengatakan bahwa “kita sudah di dalam Dia”?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Dapatkah kita melihat tandanya bahwa sesungguhnya kita sudah mengenal Allah atau tidak? jawabannya sesuai apa yang kita baca hari ini adalah: tentu dapat.

Firman Tuhan sangat jelas mendeskripsikan tandanya orang mengenal Tuhan yaitu apakah kita menuruti FirmanNya atau mengabaikannya.

Pengetahuan akan Firman Tuhan saja tidak serta merta membuat kita kenal akan Dia, pengetahuan penting namun tanpa melakukan Firman Tuhan kita disebut sebagai orang yang tidak mengenal Tuhan, bahkan lebih kasar lagi sebagai seorang pendusta dan di dalamnya tidak ada kebenaran (ayat 4).

Salomo memiliki hikmat dan pengetahuan yang luar biasa tentang banyak hal termasuk tentang Allah, namun Salomo tidak menuruti perintah Tuhan untuk menjauhkan dewa-dewa dari kehidupannya, apakah Salomo mengenal Tuhan?

Hanya Tuhan yang bisa menjawab dengan tepat, namun sejarah mencatat bahwa Tuhan berkenan kepada Salomo hanya karena janjiNya kepada Daud.

Daud adalah contoh orang yang mengenal Tuhan, Daud juga pernah jatuh dalam dosa namun karena mengikuti perintahNya untuk bertobat maka Daud tetap berkenan kepada Tuhan.

Bahkan dalam mazmurnya Daud menyatakan: “Titah TUHAN itu tepat, menyukakan hati; perintah TUHAN itu murni, membuat mata bercahaya” (Mazmur 19:9),bahkan ada perkataannya yang merindukan perintah Tuhan, “Sesungguhnya aku rindu kepada titah-titah-Mu, hidupkanlah aku dengan keadilan-Mu!“ (Mazmur 119:40), “Aku hendak bergemar dalam perintah-perintah-Mu yang kucintai itu.” (Mazmur 119:47).

Bagaimana dengan kita hari ini? Adakah perintahNya yang kita abaikan? Tuhan memang Maha Pengasih dan Pengampun,  tetapi  mari kita gunakan kesempatan ini untuk melakukan perintahNya bukan untuk menunda-nunda apa yang Tuhan perintahkan.

Jadikanlah semua bangsa muridKu, adalah salah satu perintahNya dari sekian banyak hal yang diperintahkan Tuhan kepada kita.

Apakah kita sedang mengikuti perintahNya untuk ambil bagian memuridkan orang-orang menjadi murid Kristus dan mengajar mereka untuk melakukan apa yang Tuhan perintahkan?

Saudara, semua fasilitas yang Tuhan percayakan kepada kita saat ini punya satu tujuan, yaitu agar hidup kita melakukan apa yang Dia perintahkan, karena dengan itu artinya bahwa kita mengenal Tuhan.  

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk Saudara lakukan? diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.

Pembacaan Alkitab Setahun

Efesus 1-3