ALLAH YANG MENYERTAI KITA

Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

MATIUS 1:20-23

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang dikatakan malaikat Tuhan untuk meneguhkan Yusuf pada saat itu?
  2. Mengapa anak laki-laki itu dinamakan Yesus?
  3. Apakah kejadian kelahiran ini sudah dikatakan oleh para nabi sebelumnya?
  4. Apa arti Imanuel?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Imanuel, Allah menyertai kita, pernyataan yang sebenarnya dinantikan oleh bangsa Yahudi pada masa itu.

Setelah mereka mengalami masa-masa gelap karena meninggalkan Tuhan sejak zaman Salomo hingga mereka diserakkan oleh Tuhan, bangsa ini menantikan Mesias yang dijanjikan.

Pada dasarnya mereka menantikan Allah yang menyertai seperti pernah menyertai mereka keluar dari Mesir dan membawa kemenangan demi kemenangan ketika mereka berperang menduduki tanah perjanjian dan membawa bangsa ini seperti pada masa Daud.

Sejak penciptaan Allah senantiasa ingin bersekutu dan menyertai umatNya, bangsa Israel sebagai bangsa pilihan Allah pada masa itu bahkan tidak punya keinginan hal tersebut hingga Allah menyatakan diriNya secara khusus ketika membebaskan Israel dari perbudakan.

Penyertaan Tuhan yang ajaib dicatat dalam sejarah dan inilah yang membedakan dengan allah-allah yang disembah oleh bangsa-bangsa lain pada masa itu.

Kelahiran Yesus di muka bumi memberikan pengharapan baru tidak hanya kepada bangsa Israel tetapi kepada seluruh umat manusia yang mengakui Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamatnya.

Kata Imanuel selalu mengingatkan kita bahwa Allah rindu bersekutu bersama umatNya, menyertai selalu dalam setiap aktivitas kita sebagai anak-anakNya.

Imanuel juga berarti Allah menyertai proses perubahan hidup kita, dari orang berdosa yang dikuduskan oleh darahNya dan diubahkan menjadi serupa dengan Yesus.

Proses ini tidak mudah dan tidak bisa kita lakukan sendiri dengan pikiran manusia, kita membutuhkan Roh Kudus untuk menolong dan memimpin kita melewati proses panjang yang disediakan Bapa.

Imanuel, Allah yang menyertai agar kita sampai dan tidak tersesat oleh tipu daya iblis dan berbagai filsafat dunia yang menyesatkan.

Bapa ingin seluruh anak-anakNya sampai kepada tujuan yang dikehendakiNya.

Dia ingin kita disertai oleh Penolong yang dikirim Bapa, senantiasa dipenuhi oleh RohNya dan rela dipimpin maka kita akan sampai kepada rencanaNya.

Apapun pergumulan Saudara saat ini, ingatlah Dia selalu menyertai kita.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk Saudara lakukan? diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.

Pembacaan Alkitab Setahun

Galatia 1-3