SADARLAH DAN BERTOBATLAH

Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

KISAH PARA RASUL 3:17-21

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya Anda dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang membuat orang Yahudi menolak Yesus?
  2. Apa yang Allah sudah genapi sesua firmanNya yang disampaikan para Nabi?
  3. Apa tujuan kita sadar dan bertobat?
  4. Apa tujuan Bapa mengutus Yesus?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Ketidaktahuan dan sikap tidak mau tahu karena kekerasan hati dapat menjerumuskan orang ke dalam kebinasaan baik secara fisik maupun rohani.

Manusia bertumbuh dalam pengetahuan sejak dari bayi hingga dewasa,  balita yang baru belajar bergerak atau berjalan tidak banyak tahu baik tentang bahaya ataupun tentang hal baik yang ada di sekitarnya, namun lewat waktu dia harus belajar banyak hal dari orang tuanya.

Secara jasmani, manusia perlu terus mengembangkan kebiasaan untuk semakin memahami kebenaran dan hukum-hukum yang berlaku pada tubuhnya agar senatiasa sehat dan bertumbuh dengan baik.

Penolakan orang Yahudi terhadap Yesus adalah bentuk ketidaktahuan mereka mengenai perkataan para nabi yang telah diutus oleh Allah kepada bangsa Israel.

Ketika pemimpin bangsa Yahudi meninggalkan Tuhan dan diikuti dengan pemuka-pemuka agama yang menjalankan Taurat tanpa pemahaman yang benar dan menutup diri terhadap penggenapan yang Tuhan berikan, maka mereka justru menolak hadirnya Mesias.

Petrus melalui Kisah Para Rasul mengingatkan kita sama seperti dia mengingatkan orang-orang Yahudi pada masa itu, bahwa Tuhan telah dan sedang menggenapi janjiNya.

Sadar dan bertobat adalah jalan yang harus dilalui agar kita mendapatkan pemahaman yang benar akan kehendak Tuhan pada hari-hari ini.

Tradisi keagamaan pada waktu itu membuat bangsa Yahudi tidak mengakui bahwa Mesias telah hadir bahkan mereka salibkan dengan bangga karena melakukan apa mereka sebut “kebenaran” hukum Taurat.

Hari ini kita tidak ingin hidup dalam suatu tradisi yang membutakan mata rohani kita untuk berubah. Roh Kudus dengan dinamis membawa kita kepada pengenalan yang semakin dalam akan Bapa dan rencana-rencanaNya pada saat ini.

Senantiasa sadar dan bertobat akan terus membawa kita kepada apa yang Bapa rindukan, kita tidak perlu mengulangi kegagalan bangsa Yahudi pada masa itu yang karena ketidaktahuan mereka pada akhirnya menolak apa yang dijanjikan Tuhan kepada mereka.

Yesus telah lahir dan bahkan mati bagi dosa-dosa kita, Roh Kudus telah dicurahkan dan saat ini ada dalam kehidupan kita, siap memimpin kita menggenapi janji yang diberikan Bapa.  

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk Saudara lakukan? diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.

Pembacaan Alkitab Setahun

2 Korintus 10-13